Awas, Mata Gatal Bisa Jadi Gejala Covid-19
TEMPO.CO | 18/01/2021 19:37
Ilustrasi mata gatal atau mata merah. shutterstock.com
Ilustrasi mata gatal atau mata merah. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Para peneliti terus mempelajari virus corona baru untuk menyusun upaya penanggulangan yang tepat dan efektif. Dilansir dari Express UK, sebuah penelitian baru yang dipublikasikan di British Medical Journal (BMJ) menguraikan tiga hal yang berhubungan dengan Covid-19 dan mata pasien.

Menurut penelitian tersebut, fotofobia, sakit mata, dan mata gatal bisa merupakan gejala yang menandakan seseorang terjangkit Covid-19. Menanggapi temuan ini, Ali Mearza dari Ophthalmic Consultants di London, mengatakan hal tersebut masih belum banyak diketahui oleh publik.

“Fotofobia adalah bentuk kepekaan cahaya dan sering dikaitkan dengan sakit kepala. Penderita mengalami ketidaknyamanan atau nyeri pada mata, terutama saat pertama kali menyalakan lampu,” katanya.

Dia menjelaskan mata gatal juga bisa sangat umum terjadi pada pasien Covid-19. Jika Anda mengalami mata merah ekstrem itu bisa jadi tanda konjungtivitis virus dan perlu tindakan yang sesuai.

Baca juga: Gejala Covid-19 Ini Ternyata yang Paling Banyak Ditemukan

Sebagaimana yang dilaporkan oleh Mearza, penelitian yang ada juga menunjukkan sakit mata adalah gejala mata yang paling umum dari virus corona. Hal ini menjadi pengetahuan baru yang perlu diperhatikan oleh pasien.

“Sebagian besar gejala mata akan hilang saat virus meninggalkan tubuh. Tetapi jika Anda biasa memakai lensa kontak, sebaiknya beralih ke kacamata sampai gejala Covid-19 yang dialami sudah hilang,” tambahnya.

Mearza menjelaskan cara mengobati gejala yang berhubungan dengan mata dengan meneteskan pelumas atau cairan khusus untuk mata. Hal tersebut dinilai akan sangat membantu dalam mengurangi gejala meskipun cukup menyakitkan atau pedih di mata pada awalnya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT