Sambut MotoGP Mandalika, Kini Pantai Mawun dan Selong Belanak Punya Toilet Layak
TEMPO.CO | 16/01/2021 09:57
Wisatawan membawa papan selancar untuk menikmati ombak dengan berselancar di laut pantai Selong Belanak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 2 September 2014. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo
Wisatawan membawa papan selancar untuk menikmati ombak dengan berselancar di laut pantai Selong Belanak, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 2 September 2014. TEMPO/Wisnu Agung Prasetyo

TEMPO.CO, Mataram - Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika bakal menjadi tuan rumah ajang balap sepeda motor dunia MotoGP. Wisatawan yang datang ke MotoGP Mandalika ini mesti tahu kalau di kawasan tersebut terdapat enam pantai yang indah sepanjang 16 kilometer di selatan Lombok Tengah.

Enam pantai itu adalah pantai Kuta Mandalika, pantai Seger, pantai Serenting, pantai Tanjung Aan, pantai Kliu, dan pantai Gerupuk. Semua pantai ini menjadi spot selancar ombak. Masih ada lagi pantai di luar Mandalika yang mengarah ke barat.

Pantai-pantai ini tak kalah indah. Di antaranya pantai Mawun dan pantai Selong Belanak yang masing-masing berjarak 10 dan 19 kilometer dari Mandalika. Ketua Persatuan Selancar Ombak Indonesia Nusa Tenggara Barat, Chandra Afrinova mengatakan pantai Selong Belanak di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat, memiliki karakter ombak yang landai. Cocok buat peselancar pemula.

Jika sudah agak mahir, peselancar bisa bergeser ke pantai Mawun di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, dengan ombak yang lebih besar, namun tidak terlalu ekstrem. Selama ini, wisatawan yang datang ke pantai Mawun dan Selong Belanak menggunakan fasilitas alakadarnya. Sarana kebersihan, seperti toilet masih standar.

Kejuaraan selancar ombang yang dihelat di Pantai Selong Belanak. Dok. Malika Tour & Travel

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Lombok, Nugroho Jati mengatakan, fasilitas umum di sejumlah destinasi wisata kawasan Mandalika dan sekitarnya perlu diperhatikan demi menyambut wisatawan MotoGP Mandalika. Program Corporate Social Respondsibility PT Angkasa Pura I - Bandara Internasional Lombok, membangun fasilitas toilet yang memadai di pantai Mawun dan Selong Belanak.

"Dengan adanya toilet ini, mudah-mudahan wisatawan atau masyarakat sekitar tak lagi kesulitan mencari toilet saat berkunjung ke pantai ini," kata Nugroho Jati, Kamis 14 Januari 2021. Dia berharap toilet yang bersih dan memenuhi standar dapat meningkatkan citra positif destinasi wisata di Lombok. Dan pada akhirnya memberikan manfaat bagi masyarakat.

Selain membangun toilet umum, PT Angkasa Pura I - Bandara Lombok juga menyediakan dua kontainer sampah. Total biaya pembangunan dan pengadaan fasilitas demi menunjang kebutuhan wisatawan yang datang untuk perhelatan MotoGP Mandalika dan seterusnya, tersebut senilai Rp 550 juta.

Artikel terkait: 
Sambut MotoGP Mandalika, Ratusan Homestay Sudah Siap Huni

Suasana tenang dan hening di Pantai Mawun Lombok Tengah. Lokasinya tak jauh dari kawasan wisata Mandalika. (shutterstock.com)


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT