Kaca hingga Marmer, 7 Benda Ini Sebaiknya Tak Dibersihkan dengan Baking Soda
TEMPO.CO | 14/01/2021 20:45
Ilustrasi membersihkan oven. Jtrewards.com
Ilustrasi membersihkan oven. Jtrewards.com

TEMPO.CO, JakartaBaking soda atau soda kue adalah pembersih alami yang mengagumkan. Minyak dan kotoran dapat larut saat terkena campuran soda dengan air. Namun, karena sifatnya yang abrasif, tak semua benda bisa dibersihkan dengan soda kue. 

Berikut tujuh benda yang tidak boleh dibersihkan dengan soda kue, seperti dilansir dari Express.co.uk.

1. Perak antik
Air dan soda kue dapat menghilangkan noda pada peralatan makan perak antik. Tapi gunakan dengan hati-hati. Gunakan hanya sedikit soda dicampurkan dengan banyak air. Jika campurannya kental, ini bisa merusak perak.

2. Kaca
Soda kue adalah bubuk abrasif halus yang akan menggores kaca dan cermin. Sebaiknya gunakan pembersih kaca atau cuka biasa saja.

3. Kompor keramik
Jangan gunakan soda kue untuk membersihkan kompor keramik. Sifatnya yang abrasif akan menggores kompor tanam dan meninggalkan lapisan putih yang membandel. Ini juga berlaku untuk pintu oven, hindari menggunakan soda kue, gunakan saja lemon atau cuka.

4. Peralatan masak aluminium
Jika panci dan wajan Anda terbuat dari aluminium, jangan gunakan soda kue untuk membersihkannya. Tapi Anda bisa menggunakannya untuk menggosok kerak makanan gosong di dasar wajan.

Aluminium umumnya tipis dan keropos sehingga soda kue dapat menyebabkannya teroksidasi dan berubah warna. Ini berpotensi merusak peralatan masak. 

5. Kayu
Jangan pernah membersihkan furnitur atau lantai kayu dengan soda kue. Soda kue terlalu keras perekat untuk furnitur atau lantai kayu. Soda kue akan menggerogoti perekat dan menghancurkan kayu, jadi pilihlah campuran sabun cuci piring yang diencerkan atau pembersih kayu.

6. Benda atau alat makan berlapis emas
Peralatan makan dan piring berlapis emas tidak boleh dibersihkan dengan soda kue karena bisa menggoresnya dan membuat lapisan luntur.

7. Permukaan marmer
Jangan pernah menggunakan soda kue pada permukaan marmer. Penggunaan berulang kali soda kue pada marmer akan menghilangkan lapisan penutupnya. Gunakan pembersih marmer khusus.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT