Jalur Bandung - Garut Lewat Jalan Alternatif Cijapati Tertutup Longsor 50 Meter
TEMPO.CO | 12/01/2021 08:22
Longsor di jalur alternatif Cijapati Cikedokan, Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Foto: Antaranews
Longsor di jalur alternatif Cijapati Cikedokan, Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Foto: Antaranews

TEMPO.CO, Jakarta - Warga Bandung, Jawa Barat, yang hendak pergi ke Garut dan sebaliknya, melalui jalur alternatif Cijapati sebaiknya mencari jalan lain. Musababnya, terjadi longsor di jalur tersebut pada Senin sore, 11 Januari 2021.

Titik longsor terletak di Cikedokan, Desa Rancasalak, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Panjang jalan yang terkena longsor sekitar 50 meter.

"Kendaraan dari dua arah tidak bisa melewati jalur ini," kata Tubagus Agus Sopyan, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Longsoran tersebut, menurut Agus Sopyan, berasal dari sebidang tanah di tebing yang tergerus hujan hingga menutup badan jalan. Tidak ada korban jiwa maupun harta benda dari peristiwa ini. "Hanya mengganggu arus lalu lintas karena jalan tertutup longsor," ucap dia.

Petugas BPBD Kabupaten Garut bersama aparat TNI dan Kepolisian RI berupaya menyingkirkan material longsor. Agus Sopyan mengimbau masyarakat tetap waspada terhadap bencana alam, seperti tanah longsor pada musim hujan. Hindari daerah yang berpotesi longsor.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT