Makanan dan Minuman Ini Bisa Bikin Bahagia, Ada Teh Hijau dan Telur
TEMPO.CO | 02/01/2021 19:25
Ilustrasi telur sebagai sumber protein yang meningkatkan massa otot (pixabay.com)
Ilustrasi telur sebagai sumber protein yang meningkatkan massa otot (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Bugar saja tak cukup untuk hidup sehat, Anda juga harus bahagia. Beberapa makanan dan nutrisi ternyata juga bisa berhubungan dengan kebahagiaan.

Bahan-bahan makanan ini tidak termasuk makanan olahan dengan aneka rasa, melainkan makanan sehat dan bergizi yang mengandung banyak vitamin dan mineral. 

Berikut daftar makanan yang bisa membuat bahagia sekaligus menghilangkan stres.

1. Teh hijau
Dalam sejumlah penelitian disebutkan bahwa minum teh hijau secara teratur membantu mengurangi tingkat stres. Karena stres berkurang, mood dan kesejahteraan secara keseluruhan pun meningkat. Jadi, cobalah minum teh hijau setiap hari.

2. Kacang kenari mentah
Kacang kenari kaya akan magnesium yang membuat rileks serta mengurangi stres dan kecemasan. Kandungan rendah karbohidrat dari kacang ini juga membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Anda bisa memasukkan kenari ke dalam sarapan dan camilan.

3. Kopi
Selain membuat berenergi, kopi juga membuat bahagia. Penelitian menunjukkan bahwa kopi membantu mengurangi risiko depresi baik pada pria maupun wanita. Tetapi harus dikonsumsi dalam jumlah sedang.

4. Cokelat hitam
Cokelat hitam kaya akan antioksidan yang mengurangi kadar hormon stres dalam tubuh sehingga membuat bahagia dari dalam.

5. Berries
Buah beri memiliki antioksidan, antosianin yang mengurangi peradangan yang berhubungan dengan depresi. Buah ini enak ditambahkan dalam salad dan yogurt. 

6. Quinoa
Quinoa diketahui memiliki flavonoid yang memiliki efek antidepresan. Jadi, makanan ini dapat berperan meningkatkan kesejahteraan mental. Quinoa juga enak untuk sarapan.

7. Telur
Telur mengandung B-12, folat, protein dan lemak sehat yang penting untuk meningkatkan fungsi otak. Telur sangat enak untuk ditambahkan ke salad untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

PINK VILLA

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT