3 Agenda Wisata Utama di NTB pada 2021: MotoGP Mandalika, Iron Man, dan L'Etape
TEMPO.CO | 11/12/2020 07:31
Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) akan dipromosikan secara virtual dalam Geotourism Festival 2020. Dok. Kemenparekraf
Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) akan dipromosikan secara virtual dalam Geotourism Festival 2020. Dok. Kemenparekraf

TEMPO.CO, Mataram - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat atau NTB meluncurkan Calendar of Event 2021 pada Kamis, 10 Desember 2020. Ada sembilan kegiatan yang bakal berlangsung tahun depan, mulai dari atraksi budaya, pecinta alam, hingga wisata olahraga.

Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Lalu Gita Ariadi mengatakan ada tiga agenda utama pariwisata 2021. Tiga acara itu adalah MotoGP Mandalika, Iron Man, dan L'Etape. Menurut dia, penetapan Calendar of Event 2021 bukan sekadar menentukan acara dan kapan pelaksanaannya, melainkan harus memperhatikan protokol kesehatan dan penerapan Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment (Ramah lingkungan) atau CHSE.

"Yang tak kalah penting juga pengendalian pandemi Covid-19. Semua itu akan mempengaruhi minat wisatawan untuk datang ke NTB," kata Gita Ariadi. Berikut daftar agenda Calendar of Event 2021 di NTB:

  • Februari - Maret 2021: Festival Bau Nyale
    Festival Pesona Bau Nyale berlangsung di Pantai Seger Mandalika Lombok Tengah. Kepastian waktunya akan disesuaikan dengan perhitungan penanggalan Suku Sasak.

  • April 2021: Festival Tambora
    Festival Pesona Tambora untuk mengenang dua abad enam tahun meletusnya Gunung Api Tambora. Letusan gunung di Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu itu menewaskan hingga 71 ribu jiwa dan musnahnya tiga kerajaan.

    Dalam rangkaian Festival Pesona Tambora juga berlangsung Festival Lawata di Pantai Lawata Bima, Teka Tambora atau kegiatan pendakian gunung Tambora dan Tamobra Chalenge. Acara ini berupa ultra-marathon yang ekstrem sejauh 320 kilometer mulai dari Poto Tano Kabupaten Sumbawa menuju Doro Ncanga Kabupaten Dompu.

  • April - Mei 2021: Festival Khazanah Ramadhan
    Pemerintah menggelar Festival Pesona Khazanah Ramadhan selama bulan puasa pada April - Mei 2021. Acara ini berlangsung di Kompleks Islamic Center NTB. Rencananya akan hadir imam besar dari Mesir, Maroko, Yordania yang akan memimpin salat tarawih secara bergiliran di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB.

  • 3 Juli 2021: Iron Man
    Iron Man ini merupakan kegiatan wisata olahraga yang akan berlangsung di pantai.

  • Agustus - September 2021: Bulan Lombok Sumbawa
    Agenda Bulan Pesona Lombok Sumbawa akan berlangsung selama sebulan penuh, mula Agustus sampai September 2021. Di dalamnya ada acara Mataram Carnival, Pekan Pesona Gumi Selaparang di Kabupaten Lombok Timur, Festival Senggigi di Kabupaten Lombok Barat, Gili Tramena Festival di Kabupaten Lombok Utara, dan Festival Moyo di Kabupaten Sumbawa.

  • Oktober 2021: MotoGP Mandalika dan L'Etape
    Ajang balap sepeda internasional L'Etape yang merupakan bagian dari Tour de France akan berlangsung di awal bulan. Disusul balap sepeda motor dunia MotoGP di sirkuit jalanan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah.

  • 20 November 2021: Festival Taliwang
    Festival Taliwang berlangsung di Kabupaten Sumbawa Barat pada 20 November 2021. Acara ini akan diisi dengan Berapan Kebo atau balap kerbau di sawah berlumpur, lintas alam, dan kuliner khas Sumbawa Barat.

  • Desember 2021: Accomodation and Tenun Festival Lombok Sumbawa
    Festival akomodasi dan tenun Lombok Sumbawa akan menutup tahun 2021 sekaligus menjadi acara puncak dari berbagai agenda yang berlangsung sepanjang tahun.

Deputi Bidang Pemasaran Regional 1 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Taufik Hidayat mengatakan, pariwisata adalah sektor yang paling terdampak Covid-19 karena tak ada pergerakan orang. Taufik mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi NTB yang berupaya membangkitkan kembali pariwisata melalui Calendar of Event 2021.

Dia mendorong pemerintah daerah memberdayakan pelaku usaha pariwisata dengan cara menggandeng usaha mikro, kecil, dan menengah lokal serta mengajak pihak terkait membuat beragam paket wisata yang menarik. Sementara Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan beberapa agen travel, seperti Traveloka dan Blibli untuk pemasaran secara online di 22 negara.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT