Usia 86, Sophia Loren Merasa Masih 20 Tahun Berkat Mematuhi Aturan Hidup Ini
TEMPO.CO | 09/12/2020 05:47
Sophia Loren. AP/Felipe Dana
Sophia Loren. AP/Felipe Dana

TEMPO.CO, Jakarta - Usia hanyalah angka bagi aktor senior Sophia Loren. Dengan umur 86 tahun, dia merasa memiliki semangat muda bak pertengahan 20-an tahun. Pemenang Golden Globe lima kali ini bahkan tak percaya bahwa usianya sudah lebih dari delapan dekade. 

“Terkadang ketika saya mengatakan sudah berusia 86 tahun, saya tidak percaya. Saya merasa masih 20 tahun,” kata Loren, dalam cerita sampul AARP the Magazine edisi Desember 2020 / Januari 2021.

Menurut dia, ini berkat kepatuhan dia pada pola hidup sehat yang dia jalan selama bertahun-tahun. Kuncinya adalah dia berusaha selalu bahagia

Kunci kebahagiaannya yang utama adalah mencintai diri sendiri apa adanya. “Saat saya bercermin, saya bersorak untuk diri saya sendiri. Saya tidak bertanya, 'Apakah kamu hebat?' Atau 'Apakah kamu cantik?' Tidak! Begitulah perasaan saya di dalam, betapa amannya saya, betapa bahagianya saya. Itulah yang penting,” kata aktris berdarah Italia itu.

Aktris pemenang Oscar untuk film klasik Perang Dunia II, Two Women, ini melanjutkan bahwa dia juga menjaga hubungan dekat dengan anak dan cucunya. Ini juga membuat perempuan yang kini tinggal di Swiss itu lebih bahagia.

“Kedua putra saya masing-masing memiliki dua anak, tetapi saya jauh [di Jenewa, Swiss], jadi kami ngobrol melalui telepon, mengirim foto. Saya hanya mencoba untuk mendapatkan momen kebahagiaan selama pandemi ini, karena kita semua menunggu hari esok yang lebih baik."

Cara lain dia untuk berbahagia adalah meyakini proses penuaan secara alami. Dia menikmati hal-hal kecil yang datang bersamaan dengan proses itu. Itu sebabnya dia tak ingin mengubah tubuhnya melalui operasi.

“Saya tidak pernah memikirkan itu - tidak pernah. Saya menyukai apa yang saya miliki. Aku suka diriku!"

Tapi bukan berarti dia tak pernah sedih. Dia sering teringat suaminya selama empat dekade, Carlo Ponti, yang meninggal pada Januari 2007 di usia 94 tahun. Dia tak pernah bisa melupakannya.

“Setiap kali memikirkannya, ada saat-saat kesepian yang sangat kuat, tapi itulah hidup,” ujar dia.

Setelah lama vakum, Sophia Loren kembali ke dunia akting. Dia memerankan seorang perempuan yang selamat dari Holocaust di film Netflix baru The Life Ahead.

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT