Cara Alami Menghilangkan Flek Hitam akibat Paparan Sinar Matahari
TEMPO.CO | 04/12/2020 16:31
Ilustrasi wanita dengan flek hitam di wajah. Unsplash.com/Ayo Ogunseinde
Ilustrasi wanita dengan flek hitam di wajah. Unsplash.com/Ayo Ogunseinde

TEMPO.CO, Jakarta - Flek hitam bisa terjadi akibat produksi pigmen di kulit atau melanosit berlebihan karena paparan sinar matahari berlebihan. Biasanya terjadi di area tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, bahu, lengan bawah, dan punggung tangan. Ada banyak cara untuk menghilangkan flek hitam ini, salah satunya dengan perawatan menggunakan bahan-bahan alami. 

Flek hitam ini umumnya tidak berbahaya, tapi ini sangat mengganggu penampilan.  Berikut cara alami yang bisa dilakukan di rumah untuk menghilangkan flek hitam akibat paparan sinar matahari, seperti dilansir dari Healthline.

1. Lidah buaya
Penelitian membuktikan bahwa aloesin dan aloin, yang merupakan senyawa aktif yang terdapat pada tanaman lidah buaya, dapat mencerahkan bintik matahari dan hiperpigmentasi lainnya.

2. Ekstrak licorice
Beberapa bahan aktif dalam ekstrak licorice dapat membantu mencerahkan bintik matahari dan perubahan warna kulit lainnya yang diperburuk oleh paparan sinar matahari, seperti melasma, yang umum terjadi pada wanita hamil dan disebut sebagai "topeng kehamilan". Banyak krim topikal untuk meringankan bintik matahari mengandung ekstrak licorice.

3. Vitamin C
Antioksidan alami ini memiliki beberapa manfaat untuk kulit dan sinar matahari. Asam L-askorbat topikal melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, meningkatkan produksi kolagen, dan terbukti efektif dalam mencerahkan bintik hitam.

4. Vitamin E
Diet kaya vitamin E, termasuk mengonsumsi suplemen vitamin E, menawarkan perlindungan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan dapat meningkatkan kesehatan kulit, terutama bila dikonsumsi bersamaan dengan vitamin C.

Selain dalam bentuk suplemen, minyak vitamin E juga bermanfaat untuk mengatasi bintik hitam akibat sinar matahari.

5. Cuka sari apel
Asam asetat, yang ditemukan dalam cuka sari apel, dapat membantu mencerahkan pigmentasi kulit dan memperbaiki penampilan kulit secara keseluruhan.

6. Teh hijau
Mengompres wajah dengan kantong teh hijau ke kulit dapat membantu memudarkan bintik matahari. Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang secara spesifik mengenai keefektifan kantong teh hijau, ekstrak teh hijau telah terbukti memiliki efek depigmentasi.

7. Air teh hitam
Sebuah studi pada 2011 menemukan bahwa air teh hitam memiliki efek mencerahkan kulit pada bintik-bintik kecokelatan. Oleskan di wajah dua kali sehari, enam hari seminggu selama empat minggu.

8. Bawang merah
Kulit bawang merah yang dikeringkan mengandung bahan yang bisa mencerahkan kulit, menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2010.

9. Jus lemon
Jus lemon telah lama digunakan sebagai obat rumahan untuk mencerahkan rambut dan kulit. Ekstraknya merupakan bahan umum dalam krim pencerah kulit. Meskipun banyak yang meyakini kemampuan jus lemon untuk memudarkan bintik matahari, jus lemon bersifat asam dan dapat menyebabkan kekeringan serta mengiritasi kulit dan mata.

10. Susu
Susu mengandung asam laktat tinggi yang dapat membantu mencerahkan bintik matahari. Susu asam terbukti efektif dalam mengatasi perubahan warna kulit.

11. Madu
Kaya akan antioksidan, madu telah digunakan dalam produk kulit selama bertahun-tahun. Hal ini diyakini dapat meningkatkan pertumbuhan sel baru dan dapat membantu memudarkan flek hitam akibat sinar matahari saat dioleskan ke kulit.

12. Perawatan profesional
Ada beberapa perawatan profesional yang tersedia yang dapat menghilangkan flek hitam akibat paparan sinar matahari atau mengurangi penampilannya secara signifikan. Semua perawatan ini harus dilakukan oleh ahli perawatan kulit yang terlatih. Perawatan itu antara lain laser, intense pulse light, cryotherapy, dan pengelupasan atau peeling kimia.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT