7 Pelajaran Hidup Tak Terduga dari Serial The Queen's Gambit
TEMPO.CO | 01/12/2020 20:20
Anya Taylor-Joy pemeran Beth Harmon dalam serial Netflix The Queen's Gambit (2020). Instagram.com/@anyataylorjoy
Anya Taylor-Joy pemeran Beth Harmon dalam serial Netflix The Queen's Gambit (2020). Instagram.com/@anyataylorjoy

TEMPO.CO, Jakarta - Salah satu serial Netflix yang mencuri perhatian belum lama ini adalah The Queen's Gambit. Ada banyak pelajaran hidup tak terduga yang dimasukkan ke dalam serial tersebut. Dengan hanya tujuh episode, masing-masing berkisar dari 46-67 menit, ini adalah acara yang menawan dan mengharukan yang membuat banyak penonton mengoceh tentangnya.

Serial ini mengeksplorasi kehidupan anak yatim piatu Beth Harmon yang diperankan oleh Anya Taylor-Joy. Dia tinggal di panti asuhan dan harus mengonsumsi vitamin setiap hari, mengembangkan ketergantungan yang semakin besar pada obat penenang, dan minat serta bakat yang kuat untuk permainan catur.

Sepanjang pertunjukan, kita melihat perjuangan dengan Beth kecanduan obat-obatan dan akhirnya alkohol karena riwayat ibunya alkoholisme, dan pelajaran hidup dari tumbuh dewasa, seperti bullying, belajar tentang cinta, mendapatkan uang, perjuangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain, dan menjadi sukses.

Melansir laman Your Tango, berikut ini pelajaran hidup dari The Queen's Gambit

1. Pentingnya fokus dan determinasi
Serial itu mengajarkan Anda banyak hal tentang tekad dan fokus pada karier Anda. Tekad dan fokus Beth pada permainan catur sangat menginspirasi karena dia tidak peduli apa yang dikatakan orang lain tentang menjadi perempuan dan bermain catur. Dia bertekad dan fokus dan itu membantunya menang setiap saat - kecuali bagian kecanduan obat penenang, tentu saja Beth mendorong kita semua untuk menjadi seperti itu dalam karier.

2. Penting untuk merencanakan masa depan
Hal lain yang bisa dipelajari dari serial ini adalah memikirkan beberapa langkah ke depan, yang sulit dilakukan jika Anda adalah orang yang impulsif. Namun, terkadang merencanakan sesuatu, terutama dalam karier Anda, dapat membantu Anda memutuskan atau memvisualisasikan apa yang ingin Anda lakukan dan ke mana Anda ingin pergi.

3. Belajar bagaimana mengikuti arus
The Queen's Gambit mengajarikitaa bahwa tidak apa-apa untuk tidak mengetahui apa yang akan dilakukan orang atau tidak mengetahui cara berinteraksi dengan tipe orang yang berbeda karena setiap orang berbeda. Hidup tidak seperti permainan catur di mana Anda mengetahui semua hasil dan dapat mempelajari semua kemungkinan yang berbeda. Orang dan dunia terus berubah dan itu adalah sesuatu yang tidak dapat Anda rencanakan, Anda hanya perlu menjadi diri sendiri dan percaya diri.

4. Tidak apa-apa untuk mengambil waktu Anda
Pertunjukan itu mengajari saya bahwa Anda dapat meluangkan waktu ketika memutuskan apa dan siapa yang tepat untuk Anda dalam hidup Anda dan untuk membuat langkah yang benar yang menurut Anda selalu benar. Jangan pernah dibujuk atau ditipu oleh orang lain untuk melakukan sesuatu yang tidak ingin Anda lakukan atau yang menurut Anda tidak benar.

Dalam pertunjukan itu, Beth Harmon selalu dikritik karena cara dia berpakaian dan bertingkah seperti wanita, yang, meskipun ini khas karena itu tahun 1960-an, agak menyedihkan bagaimana beberapa di antaranya masih berlaku hingga hari ini.

5. Jangan biarkan pendapat orang lain memengaruhi Anda.
Beth Harmon dikritik pada awal pertunjukan saat dia masuk ke sekolah menengah oleh gadis-gadis lain karena pakaian dan sepatunya mengerikan. Namun, bahkan setelah dia mengembangkan selera fashion dan mampu membeli pakaian indah dan mewah yang diinginkannya, dia kemudian dikritik karena terlihat terlalu "glamor" untuk menjadi pemain catur.

Tapi tentu saja, tidak peduli seberapa mahal harga jas pria itu, wanita selalu dikritik. Dan itu adalah sesuatu yang harus kita pelajari untuk tidak peduli terutama jika itu adalah opini yang tidak diinginkan dari pria dalam hidup kita.

6. Anda harus menyerahkan hidup Anda ke tangan Anda sendiri
Beth Harmon mengajari bahwa terkadang Anda harus terjun ke kedalaman untuk mengalami hidup. Bahkan ketika Anda mungkin tidak sepenuhnya siap untuk sesuatu atau siap untuk sesuatu terjadi, terkadang Anda hanya perlu mewujudkannya seperti Beth dan karier caturnya.

Dia terus-menerus mengganggu petugas kebersihan untuk mengajarinya cara bermain, dan begitu petugas kebersihan itu menyadari bakatnya, dia membantu menginspirasi Beth untuk terus bekerja dan menjadi lebih baik. Kadang-kadang kita bisa menjadi kritikus terburuk kita dan menggali diri kita secara mental dan fisik ke tempat yang tidak kita sukai. Dengan terbuka terhadap kritik yang membangun dan tidak terlalu keras pada diri kita sendiri saat kita mencoba sesuatu yang baru adalah pelajaran hidup yang penting untuk dipelajari.

7. Prioritaskan kesehatan Anda
Terakhir, dan inilah yang sangat penting dari menonton The Queen's Gambit adalah memprioritaskan dan menjaga kesehatan Anda. Selama pandemi ini, sekarang lebih penting dari sebelumnya untuk mengetahui bagaimana keadaan kita secara mental dan fisik dan mencari bantuan jika kita membutuhkannya.

Ibu Beth (dan bahkan Beth sendiri) tidak belajar melakukan itu sampai hampir membunuh mereka. Beth adalah salah satu dari sedikit orang yang mendapat kesempatan kedua dari kecanduan dan dia menggunakannya dengan baik dan membersihkan dirinya sendiri. Sungguh menginspirasi melihatnya dari posisi terendah yang terendah naik kembali dan menjadi sukses lagi.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT