Upaya agar UKM Tak Terpuruk di Masa Pandemi Covid-19
TEMPO.CO | 28/11/2020 20:36
Pelaku UMKM yang bergerak di bidang bakery saat membuat adonan.
Foto dok. pexels.com
Pelaku UMKM yang bergerak di bidang bakery saat membuat adonan. Foto dok. pexels.com

TEMPO.CO, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat ekonomi terpuruk dan banyak usaha gulung tikar. Sebagai upaya kontribusi untuk memulihkan ekonomi Indonesia di masa pandemi, Alfamart dan Danone Specialized Nutrition (SN) Indonesia berkomitmen membantu dan memberdayakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di seluruh wilayah Indonesia.

Salah satu upayanya dengan menggelar webinar pelatihan UKM Sabang-Merauke bertemakan “Tumbuh Bersama”. Lebih dari 1.000 pelaku UKM mengikuti pelatihan yang digelar Jumat, 27 November 2020 dengan pembicara utama Sandiaga Uno.

“Pada 2030, Indonesia diharapkan dapat menjadi ekonomi ke-7 terbesar di dunia. Untuk mewujudkannya di pandemi ini, para pengusaha harus bergandengan tangan menumbuhkan optimisme dalam pemulihan ekonomi. Dahulu, saya juga mulai menjadi pengusaha di tengah krisis tahun 90-an. Teman-teman juga memiliki peluang yang sama. Kuncinya, pengusaha harus cepat berinovasi, harus tepat beradaptasi, dan harus selalu berkolaborasi,” ungkap Sandiaga.

Pelatihan yang diberikan mencakup seluruh pengetahuan yang dibutuhkan terkait membangun bisnis UKM, mulai dari pelatihan kemasan, memanfaatkan media sosial untuk promosi, solusi permodalan hingga memasukkan produk ke ritel modern. Harapannya, agar pelaku UKM bisa survive dan bahkan bisa mengembangkan bisnis di tahun 2021.

“Harapannya dalam kondisi pandemi ini, para pelaku UKM bisa beradaptasi dengan perubahan yang ada sehingga bisa tetap produktif dan lebih masif lagi memasarkan secara digital. Materi yang diberikan terkait dengan kebutuhan mereka, mulai dari hal teknis hingga masalah permodalan,” terang Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin, lewat rilisnya.

Para peserta yang mengikuti webinar pelatihan UKM “Tumbuh Bersama” mengapresiasi digelarnya kegiatan ini. Selain mendapatkan pengetahuan yang lengkap untuk mengembangkan bisnis, dukungan solusi keuangan dari Bank Mandiri juga diharapkan memberikan kemudahan bagi supplier yang selama ini sudah memasukkan produknya ke Alfamart.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT