Liburan Akhir Tahun ke Bali, Coba 6 Aktivitas Seru Ini
TEMPO.CO | 27/11/2020 07:36
Petugas membersihkan area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang sepi pengunjung di Badung, Bali, Sabtu, 21 Maret 2020. Pemprov Bali mengeluarkan seruan untuk menutup sementara kegiatan kunjungan di obyek wisata di seluruh Bali sebagai upaya pencega
Petugas membersihkan area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) yang sepi pengunjung di Badung, Bali, Sabtu, 21 Maret 2020. Pemprov Bali mengeluarkan seruan untuk menutup sementara kegiatan kunjungan di obyek wisata di seluruh Bali sebagai upaya pencegahan penyebaran virus COVID-19 atau Virus Corona. ANTARA

TEMPO.CO, Jakarta - Bali selalu menjadi destinasi wisata favorit, baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Keindahan alam dan keunikan budayanya menjadi magnet bagi mereka yang ingin berlibur. Pulau Dewata layak menjadi destinasi yang dipertimbangkan untuk liburan akhir tahun nanti.

Beragam aktivitas seru bisa dilakukan di sana. Berikut beberapa diantaranya dilansir dari Indonesia Travel:

Mengunjungi Taman Budaya GWK

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana sudah mulai buka di masa pandemi. Tapi pengunjung wajib untuk mengikuti protokol kesehatan yang berlaku seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Taman yang memiliki luas lahan 60 hektare dengan banyak ruang hijau serta bangunan berarsitektur menawan ini merupakan salah satu ikon pariwisata di Bali. Patung tembaga GWK yang berdiri megah di kawasan itu merupakan salah satu tembaga terbesar di dunia dan monumen tertinggi ketiga.

Menikmati sunrise pertama 2021 di Gunung Batur

Bagi wisatawan yang suka naik gunung, Gunung Batur bisa menjadi pilihan. Keindahan matahari terbit di atas gunung akan jadi pemandangan terbaik membuka tahun yang baru.

Wisatawan domestik menikmati pemandangan Gunung Batur dari kawasan wisata Kintamani, Bangli, Bali, Rabu, 28 Oktober 2020. ANTARA/Fikri Yusuf

Wisatawan bisa mulai mendaki pukul 02.00 dini hari untuk bisa menikmati momentum matahari terbit.

Mengunjungi Desa Penglipuran

Desa ini wajib masuk tujuan saat berkunjung ke Bali. Pernah dinobatkan sebagai salah satu desa terbersih di dunia, desa Penglipuran menawarkan pemandangan yang asri dan bebas polusi.

Suasana di Desa Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali. ANTARA/Hanni Sofia

Pengunjung bisa melihat dari dekat kehidupan asli masyarakat Bali di sana. Kondisi desa yang dikelilingi pepohonan hijau dan hamparan sawah membuat betah. Berjalan kaki mengelilingi desa bisa menjadi aktivitas yang menyegarkan.

Jangan lupa untuk mencoba kuliner khas desa, yaitu loloh cemcem dan tipat cantok dengan rasanya yang unik.

Menyusuri sawah berundak di Tegalalang

Matahari terbit yang indah di Bali tidak hanya bisa dinikmati di pantai. Wisatawan bisa mencoba melihat matahari terbit di antara hamparan pematang sawah di Tegalalang.

Saat menyusuri pematang sawah berundak, wisatawan dapat menikmati angin semilir yang sejuk sambil melihat lebih dekat aktivitas para petani yang ada di sana.

Eksplorasi keindahan alam Nusa Penida

Keindahan pantai dan laut menjadi hal yang tak boleh dilewatkan saat ke Bali. Nusa Penida menawarkan pesona bahari yang bisa memanjakan mata.

Pantai Diamond memiliki tangga dari batu yang dipahat. Foto: @billx_music

Pantai biru berpasir putih dengan tebing-tebing bebatuan karst yang eksotik serta temaramnya cahaya langit saat matahari senja jadi pemandangan yang bisa dinikmati di sana. Pengunjung juga bisa mencoba snorkeling dan diving untuk mengeksplorasi kehidupan bawah laut yang kaya akan terumbu karang dan berbagai jenis ikan.

Staycation di deretan hotel unik

Puas berpetualang menyusuri keindahan alam Bali, wisatawan bisa memilih untuk staycation di Bali. Menikmati liburan akhir tahun di fasilitas akomodasi terbaik bisa menjadi pelepas lelah.

Beberapa hotel unik yang bisa dipilih antara lain Four Season Resort Bali, Alila Manggis, The Mulia, Amandari, Mandapa, Ritz Carlton Bali, Padma Resort Ubud, Ayana Resort and Spa, Bali Dynasti Resort atau Club Meda Bali. Jangan lupa untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT