KAI Daop 3 Mulai Jual Tiket Kereta untuk Libur Natal dan Tahun Baru
TEMPO.CO | 26/11/2020 17:44
Sejumlah calon penumpang duduk di ruang tunggu Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu, 11 Juli 2020. PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) kembali menambah lima perjalanan kereta api (KA) jarak jauh di area Daop 1 Jakarta untuk tujuan Bandung, Cirebon dan Surab
Sejumlah calon penumpang duduk di ruang tunggu Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu, 11 Juli 2020. PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) kembali menambah lima perjalanan kereta api (KA) jarak jauh di area Daop 1 Jakarta untuk tujuan Bandung, Cirebon dan Surabaya yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen yang hanya dioperasikan pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

TEMPO.CO, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia atau KAI Daop 3 Cirebon sudah mulai melayani penjualan tiket kereta ke berbagai tujuan untuk masa libur Natal dan Tahun Baru.

"Pemesanan tiket sudah kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode libur Natal dan Tahun Baru," kata Manajer Humas KAI Daop 3 Cirebon Luqman Arif di Cirebon, Rabu, 25 November 2020.

KAI juga telah menyiapkan kereta tambahan apabila permintaan naik. "Kita akan ada penambahan kereta tapi secara fluktuatif tergantung kebutuhan pengguna jasa," kata Luqman.

Saat ini, Luqman mengatakan tiket yang dijual merupakan pemberangkatan kereta reguler dan di Daop 3 Cirebon ada beberapa kereta yang melintas dan berhenti. Jadi, meskipun kereta Daop 3 yang beroperasi hanya ada dua, yaitu KA Ranggajati relasi Cirebon ke Jember dan KA Kaligung relasi Cirebon Prujakan ke Semarang, terdapat beberapa kereta lainnya.

"Kalau kereta Daop 3 yang beroperasi hanya ada dua, tapi kita juga melayani penumpang yang akan menggunakan kereta lainnya," kata Luqman.

Kereta yang melewati Daop 3 Cirebon antara lain KA Argo Anggrek relasi Gambir ke Surabaya Pasarturi PP, KA Taksaka Yogyakarta ke Gambir PP, Gajayana Malang ke Gambir, KA Senja Utama Solo relasi Solo Balapan ke Pasar Senen dan sebagainya.

Luqman menambahkan masyarakat sudah dapat memesan tiket kereta untuk libur Natal dan Tahun Baru melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id serta kanal penjualan resmi lainnya.

Masyarakat tidak perlu ragu dalam menggunakan angkutan kereta api karena KAI tetap mengoperasikan KA dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat dan disiplin pada setiap waktu sejak di stasiun dan di atas KA serta selama dalam perjalanan. "Dan pada masa pandemi, KAI berkomitmen menjual tiket KA Jarak Jauh dan Lokal hanya 70 persen dari kapasitas tempat duduk yang tersedia untuk menciptakan jaga jarak," kata Luqman.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT