Asmirandah Rela Berat Badannya Naik 19 Kg saat Hamil, Asal Anak Sehat
TEMPO.CO | 24/11/2020 17:40
Asmirandah (Instagram/@asmirandah89)
Asmirandah (Instagram/@asmirandah89)

TEMPO.CO, Jakarta - Wanita hamil umumnya mengalami kenaikan berat badan sejak trimester pertama kehamilan. Semakin tua usia kandungan, semakin besar juga kenaikannya. Itu juga dialami aktris Asmirandah yang saat ini tengah hamil trimester ketiga. 

Istri aktor Jonas Rivanno itu mengaku mengalami kenaikan berat badan hingga 19 kilogram. Dia mengunggah fotonya di Instagram, Senin, 23 November 2020, dengan perutnya yang sudah besar, mengenakan dress kuning panjang dan duduk di sofa.

“Sekarang sudah 19 kg naiknya, badan sudah berat yaahh.. yang bilang ‘masa sih kok gak keliatan..’ beneran.. kelitan pastiii,” tulis Asmirandah di keterangan,

Meski badan membesar, Andah mengatakan tidak masalah. Ia mementingkan kesehatan anak di dalam kandungan, juga kelancaran air susunya saat melahirkan nanti.

“Kurus bisa dikejar nanti... yang penting anak dalam kandungan sehat duluuu,” kata dia.

“Apa pun demi anak mamanya rela harus berubah sementara fisiknya.. semangat buat bumil-bumil yg juga naik berat badannya.. *nanti aku kasih tips turun yg sehat tanpa diet menyiksa yaa.. karena ASI kita tetap harus no.1. Jadi jangan pikirin badannya dulu,” dia menambahkan.

Kenaikan berat badan saat hamil merupakan hal yang wajar. Kathleen M. Rasmussen, profesor ilmu gizi di Cornell University, kenaikan berat badan dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan bayi selama di dalam kandungan.

"Wanita yang tidak mendapatkan cukup berat badan selama kehamilan memiliki risiko lebih tinggi memiliki bayi prematur atau berat lahir rendah," kata Kathleen.

Dan, bayi yang berat badan lahirnya rendah berisiko memiliki masalah saat lahir dan di kemudian hari, termasuk masalah pernapasan, kardiovaskular, dan pencernaan.

Menurut laman Mayo Clinic, tidak ada pendekatan satu ukuran untuk penambahan berat badan saat hamil. Kenaikan berat badan yang sesuai pada wanita hamil bergantung pada berbagai faktor, termasuk berat badan sebelum hamil dan indeks massa tubuh (BMI). Kesehatan Anda dan kesehatan bayi Anda juga berperan.

Untuk yang berat badan di bawah rata-rata dengan BMI di bawah 18,5 adalah antara 13-18 kilogram. Bagi perempuan yang berat badan normal, dengan BMI 18,5 hingga 24,9, kenaikan yang direkomendasikan adalah 11-16 kilogram.

Untuk perempuan berat badan berlebih dengan BMI 25-29,9 kenaikannya 7-11 kilogram. Sementara untuk wanita obesitas, dengan BMI di atas 30, maka disarankan kenaikannya hanya 5-9 kilogram.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT