Libur Akhir Tahun Bersama Anak, Simak Barang-barang yang Tak Boleh Ketinggalan
TEMPO.CO | 24/11/2020 11:36
Ilustrasi liburan keluarga. Shutterstock
Ilustrasi liburan keluarga. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Bepergian atau liburan bersama anak membutuhkan persiapan yang lebih matang dan rumit. Sebab, masing-masing anak biasanya memiliki kebutuhan khusus yang mungkin tidak tersedia di perjalanan.

Benda-benda yang mesti dibawa saat traveling bisa jadi juga membingungkan Anda. Berikut adalah benda-benda yang perlu Anda bawa saat liburan bersama anak sebagai persiapan jika Anda ingin menghabiskan libur akhir tahun:

- Untuk bayi

Mengajak bayi saat bepergian pasti butuh persiapan, terutama terkait kebutuhan bayi. Kemas tas popok standar Anda lengkap dengan semua barang keperluan bayi seperti popok, alas ganti, tisu, krim popok, kantong plastik untuk pakaian kotor, selimut, tisu, dot, mainan gigi, pakaian ganti ekstra dan topi untuk menghangatkan kepala bayi.

Kemudian botol ASI atau susu formula, bantalan menyusui untuk ibu, makanan bayi, perlengkapan makan bayi, snack dan beberapa mainan favorit bayi. Anda juga perlu berjaga dengan membawa obat-obatan bayi. Bawalah obat-obatan di dalam tas tenteng untuk anak-anak, termasuk obat pereda nyeri dan demam bayi, pereda tumbuh gigi dan pereda gas.

- Untuk balita

Barang-barang untuk balita Anda bisa dikemasi di ransel yang bisa dibawa oleh mereka. Isi ransel mereka dengan barang-barang kebutuhannya, seperti pakaian ganti, popok atau pull-up, kantong plastik untuk pakaian kotor, krim popok, makanan ringan dan minuman.

Anda juga perlu membawakan mainan favorit si kecil yang membantu mereka tetap tenang selama perjalanan. Simpan kotak P3K kecil dengan perban, pereda mabuk perjalanan, pereda demam, pereda nyeri dan obat yang diresepkan dalam tas jinjing ini atau milik Anda sendiri.

- Untuk anak usia sekolah

Di usia ini, anak-anak pasti bisa membawa tas punggung mereka sendiri. Letakkan nomor ponsel dan nama Anda di suatu tempat yang terlihat di bagian luar tas ransel untuk berjaga-jaga jika Anda terpisah. Di dalam tas punggung, bawakan beberapa mainan favorit seperti kerajinan tangan, video game dan buku untuk membuatnya tetap sibuk di perjalanan.

Bawa sweter jika perjalanan jauh. Jangan lupakan camilan dan minuman serta permen karet untuk membantu mengurangi tekanan telinga jika pergi menggunakan pesawat. Simpan kotak P3K kecil dengan perban, pereda mabuk perjalanan, pereda demam, pereda nyeri dan obat yang diresepkan dalam tas jinjing ini atau milik Anda sendiri.

- Untuk remaja

Remaja mampu dan biasanya akan mengemas barang bawaan untuk diri mereka sendiri, tetapi Anda perlu pastikan mereka membawa barang-barang penting dan tidak membawa benda yang melanggar peraturan perjalanan.

Pastikan mereka membawa identitas diri dan paspor serta dompet dengan uang tunai. Biarkan mereka membawa tiket sendiri dan memiliki salinan itinerary jika Anda berpisah serta ponsel mereka.
Letakkan juga salinan informasi asuransi Anda di tas anak remaja Anda. Para remaja juga harus membawa obat-obatan yang diresepkan sendiri, tetapi memiliki aspirin dan kebutuhan dasar lainnya jika mereka membutuhkannya.

- Untuk anda sendiri

Pastikan Anda memiliki tas dengan dompet, identitas diri, paspor, kartu kredit, tiket, rencana perjalanan, informasi asuransi, kartu keanggotaan, obat-obatan, perhiasan, kamera, handphone, charger, buku atau majalah, laptop dan charger, sejumlah uang tunai dan apapun yang tidak dapat Anda tanggung jika bagasi Anda hilang. Jika Anda bepergian dengan bayi atau anak kecil, Anda mungkin ingin membawa pakaian ganti untuk berjaga pakaian Anda ikut kotor.

Beberapa maskapai penerbangan mulai mengenakan biaya tambahan jika bagasi kabin Anda diperiksa di gerbang. Jika tak ingin kena biaya tambahan, jaga agar ukuran tas jinjing cukup kecil agar muat di bawah kursi di depan Anda. Selama sekecil itu dan Anda tidak keberatan kehilangan ruang untuk kaki, Anda akan selalu dapat membawa barang bawaan bersama Anda.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT