Hari Kesehatan Nasional, Disiplin Protokol Kesehatan untuk Selamatkan Bangsa
TEMPO.CO | 12/11/2020 16:35
Sejumlah tenaga kesehatan dan tenaga non kesehatan melakukan tepuk tangan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta, Kamis, 12 November 2020. Aksi tepuk tangan tersebut dilakukan selama 56 detik dengan tujuan memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-56 d
Sejumlah tenaga kesehatan dan tenaga non kesehatan melakukan tepuk tangan di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Jakarta, Kamis, 12 November 2020. Aksi tepuk tangan tersebut dilakukan selama 56 detik dengan tujuan memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-56 dan juga sebagai bentuk penghargaan kepada tenaga kesehatan yang telah berjuang dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh Negara di dunia termasuk Indonesia. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Jakarta - Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap 12 November. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengajak seluruh warga untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan guna melindungi diri, keluarga, dan masyarakat dari penularan COVID-19.

"Jaga diri, jaga keluarga dan masyarakat, selamatkan bangsa dari pandemi COVID-19 dengan cara memakai masker dengan benar, menjaga jarak, serta rajin mencuci tangan dengan sabun," katanya di Jakarta, Kamis, 12 November 2020, dalam acara peringatan Hari Kesehatan Nasional.

Pada acara peringatan Hari Kesehatan Nasional, Menkes juga berkomunikasi melalui sambungan video dengan tenaga kesehatan di berbagai daerah di Indonesia. Para nakes yang bertugas di rumah sakit dan fasilitas kesehatan lain menyampaikan laporan mengenai kondisi kesehatan masyarakat dan upaya penanganan COVID-19 di daerah mereka.

Kementerian Kesehatan pada peringatan Hari Kesehatan Nasional mengajak seluruh elemen masyarakat bertepuk tangan selama 56 detik untuk para tenaga kesehatan yang telah berjuang memberikan pelayanan kesehatan pada masa pandemi dan warga yang disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Dengan terus disiplin menjalankan protokol kesehatan, kita berjuang bersama dan masih terus berjuang. Kini saatnya satukan tekad dan semangat untuk Indonesia sehat, berikan tepuk tangan kita untuk seluruh pejuang COVID-19, untuk kita semua. Ayo tepuk tangan serentak bersama pada 12 November 2020 jam 12.00 WIB selama 56 detik," demikian ajakan yang disampaikan lewat akun Instagram Kementerian Kesehatan.

Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Kirana Pritasari, dalam Buku Pedoman HKN ke-56 menyatakan bahwa peringatan Hari Kesehatan Nasional tahun ini mengangkat tema "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat."

"Ini merupakan seruan kepada seluruh tenaga kesehatan dan segenap komponen masyarakat untuk terus bertekad dan berjuang keras menyelamatkan bangsa di masa pandemi COVID-19," katanya.

"Jaga Diri, Keluarga dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19 adalah subtema yang mengajak masyarakat agar tidak putus asa, tidak menyerah, dan tidak kendor dalam menjaga kesehatan diri, demi mewujudkan Indonesia Sehat," jelasnya.

*Ini adalah artikel kerja sama Tempo.co dengan #SatgasCovid-19 demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tegakkan protokol kesehatan, ingat selalu #pesanibu dengan #pakaimasker, #jagajarakhindarikerumunan, dan #cucitanganpakaisabun.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT