Joe Biden Sering Sebut Ayahnya Saat Pidato, Ini Pesan yang Paling Mengena
TEMPO.CO | 08/11/2020 08:57
Joe Biden Sering Sebut Ayahnya Saat Pidato, Ini Pesan yang Paling Mengena
Joe Biden Sering Sebut Ayahnya Saat Pidato, Ini Pesan yang Paling Mengena

TEMPO.CO, Jakarta - Calon presiden Amerika Serikat Joe Biden meraih suara terbanyak dalam pemilihan umum yang berlangsung sepanjang pekan lalu. Dia mengalahkan calon petahana Donald Trump dan dipastikan melenggang ke Gedung Putih.

Dalam pidato kampanyenya, Joe Biden kerap menceritakan bagaimana hubungan dia dengan sang ayah, Joseph R. Biden Sr. Ada satu pesan dari ayah Joe Biden yang amat mengena baginya.

"Ayah saya selalu berkata, 'tolok ukur keberhasilan seorang pria bukan dari seberapa sering dia dijatuhkan, melainkan seberapa cepat dia bangkit'," ucap Joe Biden seperti dikutip dari Marie Claire. Terpuruk dan bangkit lagi, itu pula yang Joe Biden lakukan sepanjang hidupnya.

Sejatinya, ayah Joe Biden adalah orang kaya. Dia punya hobi berlayar di lepas pantai New England, berburu, ikut lomba balap mobil, dan menerbangkan pesawat. Namun Perang Dunia II membuat kondisi ekonomi keluarga mereka terpuruk. Akhirnya Joseph Biden Sr. menjadi sales mobil bekas.

Calon presiden dari Partai Demokrat yang juga mantan Wakil Presiden, Joe Biden bersama istrinya Jill Biden ikut menghadiri Upacara Peringatan 19 tahun serangan 11 September 2001 di World Trade Center di 911 Memorial & Museum di New York City, New York, AS, 11 September 2020. REUTERS/Eduardo Munoz

Besar dalam keluarga sederhana, Joe Biden terus sekolah hingga lulus perguruan tinggi dan meniti karier politik. Kehidupan pribadi dan cerita pekerjaannya seolah saling bertumbukan satu sama lain. Terutama ketika Joe Biden kehilangan istri pertama, Neilia Hunter dan anaknya, Naomi Christina akibat kecelakaan mobil.

Dua anak Joe Biden dan Neilia Hunter lainnya, Joseph R. Biden atau Beau, dan Robert Hunter selamat dari kecelakaan mobil tadi. Namun mereka mengalami cedera yang cukup parah sehingga harus menjalani perawatan serius.

Tak berapa lama setelah kecelakaan itu, Joe Biden harus mengikuti pengambilan sumpah sebagai anggota senat. Di saat yang sama, dia harus mendampingi anaknya yang sedang dirawat. Foto Joe Biden mengucap sumpah sebagai anggota senat di kamar perawatan rumah sakit menjadi viral saat itu.

Joe Biden kemudian menikah dengan Jill Tracy Jacobs Biden atau biasa disapa Jill Biden pada 1977. Mereka membesarkan Beau dan Hunter, serta dikaruniai seorang putri bernama Ashley Blazer Biden.

Ayah Joe Biden meninggal pada 2002. Pesan inspiratif dari Joseph R. Biden Sr. membuat Joe Biden tak patah semangat dalam menjalani lika-liku kehidupannya. Pengalaman pribadi juga membuat Joe Biden amat memperhatikan isu kesehatan dan pelayanan untuk penyandang disabilitas.

Jadilah kuat dan segera bangkit dari keterpurukan.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT