MotoGP 2021, Jalan Bypass Bandara Lombok - Mandalika Harus Rampung Agustus 2021
TEMPO.CO | 06/11/2020 07:35
Bandara Internasional Lombok.
Bandara Internasional Lombok.

TEMPO.CO, Mataram - Pemerintah menargetkan pembangunan jalan bypass dari Bandara Internasional Lombok hingga Kawasan Ekonomi Khusus atau KEK Mandalika rampung pada Agustus 2021. Jalan bypass itu menjadi salah satu infrastruktur penunjang perhelatan MotoGP 2021.

Deputi I Kantor Staf Kepresidenan, Febry Calvin Tatelepta meninjau akses jalan dari Bandara Lombok ke sirkuit MotoGP Mandalika pada Rabu, 4 November 2020. Dia mengatakan pembangunan jalan bypass sepanjang 17 kilometer itu selesai Agustus 2021, sedangkan pembenahan bandara beres pada Juni 2021.

"Semuanya harus rampung dan MotoGP ini harus kita sukseskan bersama," ujar Febry Calvin Tatelepta. "Kami turun ke sini untuk memonitor kesiapan MotoGP 2021, mulai dari bandara Lombok hingga jalan."

Proyek perluasan Bandara Internasional Lombok di Nusa Tenggara Barat.

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah mengatakan, seluruh pembangunan untuk menyukseskan MotoGP 2021 tetap berjalan. "MotoGP ini harus sukses demi nama baik bangsa," kata Zulkieflimansyah.

Zulkieflimansyah juga menggarisbawahi ihwal kesejahteraan masyarakat yang tetap harus diutamakan dalam setiap pembangunan. Dia tak ingin perhelatan MotoGP Mandalika ini hanya dinikmati segelintir orang, tanpa melibatkan masyarakat sehngga mereka tidak merasakan manfaatnya.

Ihwal kemaslahatan masyarakat NTB, Febry sepakat dalam proses pembangunan, pemerintah dan semua pihak yang terkait dengan pelaksanaan MotoGP harus berkoordinasi dengan masyarakat. "Tidak boleh ada masyarakat yang dirugikan," katanya.

Foto udara bentuk salah satu tikungan sirkuit saat pengerjaan galian tanah badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis, 10 Oktober 2019. ANTARA/Ahmad Subaidi


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT