Farah Quinn Bagikan Tips Merebus Telur Supaya Kuningnya Matang Sempurna
TEMPO.CO | 29/10/2020 11:29
Farah Quinn. Youtube.com/Farah Quinn
Farah Quinn. Youtube.com/Farah Quinn

TEMPO.CO, Jakarta - Telur dikenal makanan super yang kaya nutrisi untuk kesehatan. Bahkan hampir setiap kalangan usia menyukai telur, baik direbus, digoreng atau menjadi tambahan dalam menu masakan. Namun kadang membuat telur rebus sedikit rumit, terutama bagian kuningnya yang masih terlihat hijau atau keabu-abuan. Tak perlu khawatir Farah Quinn membagikan beberapa tips merebus telur agar bagian kuningnya matang sempurna.

Farah Quinn mengatakan bahwa ia kerap mendapat pertanyaan tentang cara membuat telur rebus sempurna. Telur rebus yang sempurna terutama di bagian kuning telur yang terlihat kuning pekat tanpa ada bagian yang berwarna abu-abu atau kehijauan.

Tangkapan layar Instagram Story Farah Quinn yang membagikan tips merebus kuning telur sempurna. Instagram.com/@farahquinnofficial

“Oh, iya.. By the way, kemarin saya membuat telur rebus yang sempurna itu loh, dan saya bilang cara bikinnya mudah sekali,” ujarnya dalam unggahan Instagram Story, Kamis, 29 Oktober 2020. Farah memasak telur rebus atas permintaan putrinya, Amaira.

Langkah pertama yang dilakukan Farah Quinn merebus air secukupnya hingga mendidih, lalu masukkan dua butir telur. Setelah itu, matikan kompor, tutup panci, lalu diamkan hingga 25 menit. “Telur yang sudah didiamkan langsung kasih air dingin supaya mengupasnya mudah,” ujar ibu dua anak ini.

Selanjutnya telur yang sudah dibilas air dingin dikupas. “Kalau sudah dikupas, bentuknya bagus hasilnya mulus, tinggal dibelah,” ujar Farah Quinn dalam unggahan berikutnya.  

Tangkapan layar Instagram Story Farah Quinn yang membagikan tips merebus kuning telur sempurna. Instagram.com/@farahquinnofficial

Dia pun menunjukkan hasil telur rebus yang sudah dibelah. Terlihat bagian kuning telurnya matang sempurna. “Kalau sudah dibelah, perfect.. tidak ada bagian hijau abu-abu menyeramkan di pinggir kuning telur, so nice,” kata Farah.

Cara mendapatkan kuning telur rebus yang sempurna ini juga berlaku untuk telur puyuh atau telur ayam kampung. Namun menurut Farah Quinn yang membedakan adalah waktu mendiamkan di dalam panci terutup setelah air mendidih. “Banyak yang nanya untuk telur puyuh dan ayam kampung bagaimana? Sama, tapi waktunya lebih sedikit,” lanjutnya. “Telur puyuh sekitar 15 menit, telur ayam kampung 20 menit.”


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT