Libur Panjang, Ini Kiat Aman dan Tenang saat Perjalanan
TEMPO.CO | 27/10/2020 09:30
Ilustrasi keluarga bertamasya atau piknik. shutterstock.com
Ilustrasi keluarga bertamasya atau piknik. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Banyak warga masyarakat yang sudah berencana bepergian ke kota lain di masa libur panjang 28 Oktober-1 November 2020. Namun, mengisi libur panjang dengan bepergian ke luar kota, mengunjungi tempat rekreasi, apalagi yang padat pengunjung, bertamu atau menginap di rumah kerabat, sebenarnya bukan pilihan bijaksana di masa pandemi Covid-19.

Namun, bila keinginan untuk bepergian tak bisa ditahan, perhatikan beberapa tips berikut agar tetap tenang dalam perjalanan dan di tujuan, aman, dan terhindar dari penularan Covid-19, dilansir dari Mayo Clinic dan sumber lain. Satu hal yang juga harus menjadi perhatian, jangan memaksakan pergi bila kondisi sedang tidak sehat atau sakit, meski hanya sakit ringan.

Siapkan Segala Keperluan sebelum Berangkat
Siapkan masker dalam jumlah yang banyak untuk selama perjalanan, sabun cuci tangan atau pembersih tangan, obat-obatan dan sebagainya sebelum berangkat, jangan sampai tertinggal. Bila perlu bawa pula sarung tangan dan pelindung wajah.

Patuhi Protokol Kesehatan
Ini yang sudah pasti. Selalu patuhi protokol kesehatan dengan selalu #pakaimasker selama perjalanan, bila memungkinkan #jagajarak, dan rajin #cucitanganpakaisabun atau pembersih tangan berbasis alkohol bila sulit menemukan air mengalir.

Jaga Kebersihan
Jaga selalu kebersihan selama perjalanan, baik naik kendaraan umum atau pribadi. Jangan lupa segera membersihkan diri dan mandi serta berganti pakaian bila sampai di tujuan.

Usahakan Bawa Makanan Sendiri
Akan lebih baik lagi bila membawa bekal makanan buatan sendiri daripada membeli di perjalanan, atau bahkan harus makan di tempat makan tersebut. Bila terpaksa harus membeli, lebih baik dibungkus dan dibawa serta. Jangan lupa bawa peralatan makan dan minum sendiri.

Hal-hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah:
-Hindari kontak dengan orang yang terlihat sakit selama perjalanan.
-Bawa persedian masker yang cukup banyak agar bisa diganti setiap 4 jam atau setelah kotor atau basah karena keringat. Bila menggunakan masker medis, langsung buang di tempat yang tertutup. Bila pakai masker kain, sediakan tempat khusus untuk yang kotor.
-Usahakan seminimal mungkin menyentuh permukaan-permukaan yang juga disentuh banyak orang, seperti pegangan tangga, tombol lift, gagang pintu, dan sebagainya.
-Jangan menyentuh wajah, terutama mata, hidung, dan mulut dengan tangan yang belum dibersihkan.
-Selalu cuci tangan setelah dari kamar kecil, sebelum makan dan minum, batuk, bersin, atau buang ingus.
-Perhatikan peraturan di daerah tujuan atau yang disinggahi, jangan sampai melanggar dan kemudian didenda atau dihukum.

*Artikel ini merupakan kerja sama Tempo.co dengan #SatgasCovid-19 demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tegakkan protokol kesehatan, ingat selalu #pesanibu dengan #pakaimasker, #jagajarakhindarikerumunan, dan #cucitanganpakaisabun.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT