Semakin Sering Dipakai Saat di Rumah Saja, Ini Tips Merawat Mesin Cuci dan AC
TEMPO.CO | 24/10/2020 23:30
Ilustrasi Oven/Beko
Ilustrasi Oven/Beko

TEMPO.CO, Jakarta - Masyarakat semakin banyak menggunakan perangkat rumah tangga ketika beraktivitas di rumah selama pandemi COVID-19. Agar alat rumah tangga itu bisa bekerja dengan maksimal, penggunaan dan perawatan tentu penting menjadi hal yang utama. Customer Care Manager perusahaan Peralatan Alat Rumah Tangga, Beko Indonesia, Tyo Sulistyo mengatakan timnya ingin terus memberikan edukasi kepada konsumen dan calon konsumen. "Agar dapat dengan lebih cermat merawat perangkat yang mereka miliki, sehingga meminimalisir terjadinya gangguan yang tidak diinginkan pada perangkat," kata Tyo pada konferensi pers bersama Beko pada Jumat 23 Oktober 2020.

Tyo membagikan beberapa tips perawatan penting untuk 3 perangkat rumah tangga ini, yaitu mesin cuci, oven, dan AC.

1. Mesin Cuci
Aktivitas mencuci dan membersihkan pakaian, seprai, handuk, dan objek berbahan kain lainnya membutuhkan tenaga dan waktu agar kebersihan tetap terjaga. Tak ayal, mesin cuci menjadi perangkat andalan dalam membantu memudahkan pekerjaan sehari-hari. Beberapa langkah yang perlu diperhatikan dalam penggunaan mesin cuci. Pertama hindari meletakkan mesin cuci di kamar mandi. Pengguna kerap meletakkan mesin cuci di kamar mandi agar memudahkan saat proses mencuci dan pembuangan air. Ini harus dihindari, karena lingkungan yang lembab membuat mesin cuci mudah korslet sehingga berbahaya bagi keamanan pengguna.

Ilustrasi Mesin Cuci/Beko

Perhatikan selalu kapasitas mesin cuci yang dimiliki. Jangan memaksakan mesin cuci bekerja terlalu berat karena dapat merusak drum mesin cuci. Bersihkan tabung, laci detergen dan filter mesin cuci secara teratur. Menjaga kebersihan perangkat berarti menjaga kualitas kebersihan dari pakaian atau objek lain yang dicuci menggunakan mesin cuci.

2. Oven
Selama menghabiskan waktu di rumah, aktivitas seperti memasak dan membuat kue kian digemari. Oven, menjadi perangkat dapur favorit yang dimanfaatkan untuk membuat aneka makanan dan camilan favorit keluarga. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar oven tetap aman digunakan setiap hari. Pertama, bersihkan secara rutin sisa masakan yang menempel di bagian dalam serta luar oven agar oven tetap terjaga higenitasnya. Sisa masakan yang dibiarkan dalam perangkat dapat berkembang menjadi bakteri, yang tentu berbahaya bagi kesehatan. "Jangan langsung cuci piring saja setelah makan saja, bagian dalam oven juga penting untuk dibersihkan," kata Tyo.

Customer Care Manager PT Beko Appliances Indonesia, Tyo Sulistyo/Beko

Jika menggunakan oven gas, perhatikan selalu regulator serta gas yang digunakan, jangan sampai membuat masakan yang diolah terkontaminasi bau gas karena regulator tidak terpasang dengan baik.

3. AC
Kenyamanan suhu ruangan menjadi faktor penunjang penting dalam melakukan berbagai aktivitas di rumah. Karenanya AC menjadi salah satu perangkat rumah tangga yang kian penting untuk dijaga kinerja dan kebersihannya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan AC. Pertama, perhatikan kondisi ruangan. Sesuaikan besar PK dengan luas ruangan yang akan dipasangi pendingin ruangan. Selain itu, ketika AC digunakan, pastikan ruangan dalam kondisi tertutup dan minim cahaya matahari. Hal ini agar kerja AC tidak terlalu berat ketika mendinginkan ruangan.

Anda juga perlu mewaspadai debu. AC bekerja dengan cara menghisap dan menghembuskan udara. Apabila terdapat banyak debu yang melekat di lemari, meja atau benda lain di sekitar perangkat, AC akan cepat kotor, sehingga udara yang dihasilkan pun akan terpengaruh higenitasnya. Rutin bersihkan AC, minimal 3 bulan sekali. Jangan lupa untuk mencabut listrik saat AC dibersihkan untuk keamanan.

Ilustrasi AC di ruangan/Beko

Panduan video mengenai tips perawatan produk beko dapat diakses melalui channel youtube Beko di Beko Indonesia atau melalui link https://www.youtube.com/channel/UCD21NOL9hx_x0XQwCiMjvyg

Tyo mengatakan dalam melayani pertanyaan dan kebutuhan pelanggan, timnya juga menyediakan aktivitas layanan Servis Beko melalui telpon bebas pulsa (0800-100-2356), atau chat via aplikasi whatsapp (0813-1000-2356). "Namun bila keadaan mendesak dan mengharuskan teknisi Beko untuk datang, kami memastikan teknisi kami dilengkapi dengan alat pelindung diri dan kebersihan yang dianjurkan, untuk memberi kenyamanan lebih bagi para konsumen setia kami,” kata Tyo.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT