Transit di Yogyakarta, Presiden Joko Widodo Numpang Tidur di Gedung Agung
TEMPO.CO | 08/10/2020 06:24
Petugas bersiaga di berbagai titik sekitar Istana Gedung Agung, Yogyakarta, saat Presiden Joko Widodo transit di Yogyakarta pada Rabu, 7 Oktober 2020. TEMPO | Pribadi Wicaksono
Petugas bersiaga di berbagai titik sekitar Istana Gedung Agung, Yogyakarta, saat Presiden Joko Widodo transit di Yogyakarta pada Rabu, 7 Oktober 2020. TEMPO | Pribadi Wicaksono

TEMPO.CO, Yogyakarta - Presiden Joko Widodo bermalam ke Istana Gedung Agung Yogyakarta pada Rabu, 7 Oktober 2020. Presiden Jokowi tiba dengan mobil Toyota Alphard hitam sekitar pukul 21.17 WIB ke kompleks istana yang berada di simpang Titik Nol Kilometer, ujung Jalan Malioboro.

Para pedagang kaki lima, wisatawan, dan warga Kota Yogyakarta yang sedang memadati kawasan itu tidak terpengaruh, meski pengamaman terlihat ketat. Sejumlah polisi tampak berjaga mengelilingi berbagai sisi Gedung Agung. Setelah Presiden Joko Widodo dan rombongan masuk, gerbang depan Istana Gedung Agung Yogyakarta yang terletak di seberang Museum Vredeburg itu langsung ditutup.

Pantauan Tempo, sejumlah kendaraan operasional kepolisian Kota Yogyakarta juga terparkir berjejer memenuhi halaman museum Vredeburg, depan gerbang Istana Gedung Agung, hingga simpang selatan Pasar Beringharjo. Istana Gedung Agung tampak terang-benderang dengan kehadiran Presiden Jokowi yang bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Yogyakrta ke-264.

Suasana Titik Nol Kilometer Yogyakarta saat Presiden Joko Widodo menginap di Gedung Agung, Yogyakarta pada Rabu malam, 7 Oktober 2020. TEMPO | Pribadi Wicaksono

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan Presiden Joko Widodo hanya transit dan bermalam. Menurut dia, Presiden Joko Widodo baru kembali dari berziarah di kampung halaman di Kelurahan Sumber, Banjarsari Solo, Jawa Tengah.

"Presiden Joko Widodo tidak memiliki agenda apa-apa di Yogyakrta. Beliau hanya transit, menginap satu malam di Gedung Agung," kata Haryadi. Pada Kamis, 8 Oktober 2020, pukul 08.00, Presiden Joko Widodo dijadwalkan bertolak ke Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Presiden Jokowi bersama rombongan berangkat ke Palangka Raya melalui Bandara Adisutjipto Yogyakarta.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT