Gaya Reisa Broto Asmoro dan 3 Selebriti Merayakan Hari Batik Nasional
TEMPO.CO | 02/10/2020 13:45
Reisa Broto Asmoro mengenakan batik (Instagram/@reisabrotoasmoro)
Reisa Broto Asmoro mengenakan batik (Instagram/@reisabrotoasmoro)

TEMPO.CO, Jakarta - Hari Batik Nasional dirayakan setiap 2 Oktober, hari ketika kain ini ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya tak benda oleh Unesco pada 2009. 

Sebagai warisan budaya, batik tak hanya jadi busana di acara-acara resmi. Banyak orang, termasuk para selebriti, menggunakan batik sebagai pakaian untuk beraktivitas sehari-hari. Seperti apa gaya para selebriti merayakan Hari Batik Nasional?

1. Reisa Broto Asmoro

Reisa Broto Asmoro mengenakan batik (Instagram/@reisabrotoasmoro)

Reisa Broto Asmoro merayakan Hari Batik Nasional dengan mengenakan outer panjang batik berwarna hijau. Gayanya kasual. Dokter yang juga juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 ini memadukan batik dengan kaus polos berwarna krem dan celana panjang hitam, serta sepatu hak tinggi.

"Selamat Hari Batik Nasional. Batik sebagai warisan budaya bangsa, harus selalu kita lestarikan. Batik dengan segala proses pembuatannya yang rumit dan penuh dengan perlambangan dan penuh arti, memiliki nilai seni yang tinggi. Batik nggak selalu bikin outfit terkesan kaku, jaman sekarang kita bisa mix & match gaya batik jadi kekinian,” tulis dokter Reisa di keterangan.

2. Donna Agnesia

Donna Agnesia dan Darius Sinathrya (Instagram/@dagnesia)

Donna Agnesia mengunggah foto berdua dengan suami, Darius Sinathrya. Pasangan ini kompak memakai batik monokrom. Donna memilih blus batik motif parang dengan lengan pendek dan leher V. Dia memadukannya dengan ikat pinggang pita berwarna hitam. Sedangkan Darius memakai batik kawung lengan panjang.  

“Ini batikku... Mana batikmu? Selamat Hari Batik Nasional,” Donna menulis di keterangan foto.

3. Nadine Chandrawinata

Nadine Chandrawinata (Instagram/@nadinelist)

Nadine Chandrawinata punya cara yang berbeda memakai batik. Dia mengunggah fotonya menyilam di dasar laut mengenakan pakaian diving motif mega mendung warna merah.

“Batik itu keren! #HariBatikNasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO,” tulis dia.

4. Widi Mulia 

Widi Mulia dan anak sulungnya, Dru Prawiro Sasono (Instagram/@widimulia)

Widi Mulia mengunggah beberapa foto lama bersama ketiga anaknya. Istri aktor Dwi Sasono itu berdiri di gerbang Pura, mengenakan batik hitam dengan pinggiran kuning, dipadukan dengan blus hitam. Di foto lain dia memperlihat detail motif batik yang ia pakai. 

"Terurai cerita indah dalam setiap helainya," Widi menulis di keterangan foto. 

 

 

 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT