3 Tempat yang Paling Berisiko Menularkan Covid-19 menurut CDC
TEMPO.CO | 25/09/2020 09:50
Ilustrasi wanita menikmati makanan di restoran. Unsplash/Pablo Merchan
Ilustrasi wanita menikmati makanan di restoran. Unsplash/Pablo Merchan

TEMPO.CO, Jakarta - Ketika semakin banyak orang keluar rumah selama pandemi, semakin besar pula risiko penyebaran virus corona baru penyebab Covid-19. Di antara banyak tempat yang sering dikunjungi saat keluar rumah, penelitian menunjukkan ada tiga tempat yang sangat berisiko tinggi menyebarkan virus corona.

Tiga tempat itu terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (AS) atau CDC seperti yang dikutip Health, 21 September 2020.

Pakar imunologi dan penyakit menular AS Anthony Fauci yang mengutip hasil penelitian itu menunjukkan peluang risiko penularan yang lebih tinggi di situasi tertentu. “Ini menunjukkan kemungkinan risiko dari berbagai jenis situasi. Yang langsung muncul dari gambaran itu adalah restoran, bar, dan gym,” kata dia.

Penelitian itu mengungkapkan 7,8 persen orang yang dites positif Covid-19 pernah berolahraga di gym dalam dua minggu terakhir, dan 8,5 persen orang yang dites positif pernah ke bar dalam dua pekan sebelumnya. Selanjutnya, 40,9 persen orang yang didiagnosis dengan COVID-19 pernah makan malam di restoran dalam dua minggu terakhir.

Kenapa ketiga tempat itu lebih berisiko? Restoran atau bar umumnya berada di ruangan tertutup yang berventilasi buruk. Ditambah lagi, ada banyak orang lain di sekitar. Kontak dekat dengan pelayan atau anggota staf lainnya, menyentuh barang (menu, piring) dan melepas penutup wajah atau masker wajah untuk makan atau minum, juga membuat risiko lebih tinggi tertular infeksi.

Selain itu, tempat duduk dalam ruangan tidak selalu memberikan ruang cukup untuk menjaga jarak minimal enam kaki, yang juga meningkatkan risiko tertular infeksi.

"Ketika berada di restoran di dalam ruangan dalam situasi Anda memiliki tingkat infeksi yang tinggi di masyarakat, Anda tidak memakai masker, itu jadi masalah," jelas Fauci dalam wawancara.

Jika Anda seorang pecinta kebugaran, sangat disarankan juga untuk menghindari pergi ke gym selama pandemi, karena ruang tertutup, ditambah kemungkinan orang tidak menggunakan masker saat berolahraga dan ventilasi yang buruk. Selain itu, berbagi peralatan gym juga dapat berperan dalam menyebarkan penyakit, tidak peduli seberapa hati-hati Anda melakukannya.

Untuk menurunkan risiko tertular COVID-19, disarankan mengenakan masker saat bertemu dengan seseorang. Sebaiknya bertemu di area luar ruangan yang berventilasi baik dan jangan melepas masker, meskipun hanya untuk selfie.

Kita tidak dapat mengontrol perilaku orang lain. Jadi, berfokuslah pada hal yang bisa dikendalikan sendiri. Selain memakai masker, hindari juga area berisiko tinggi dan mempraktikkan kebersihan yang baik.

HEALTH | TIMES OF INDIA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT