Selain untuk Imunitas, Daun Kelor Juga Bermanfaat untuk Kulit dan Rambut
TEMPO.CO | 24/09/2020 05:59
Ilustrasi daun kelor (pixabay.com)
Ilustrasi daun kelor (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Ada banyak bahan alami yang dipercaya bermanfaat untuk kulit dan kecantikan, seperti matcha dan kunyit. Bahan alaminya yang juga dimanfaatkan untuk kulit adalah daun kelor. 

Minyak dan ekstrak tumbuhan sederhana ini sebenarnya telah digunakan dalam praktik pengobatan herbal selama berabad-abad, tetapi tiba-tiba mendapatkan daya tarik di antara ahli gizi dan spesialis kulit dan rambut, dengan merek kecantikan mewah ada beberapa manfaat yang dimiliki daun kelor, seperti mengobati jerawat, meminimalisir keriput dan melindungi dari polusi. 

Ini kabar baik bagi mereka yang memiliki masalah kulit, dan karena kelor dipenuhi dengan vitamin A (asal retinol) dan itu salah satu vitamin paling ampuh untuk kulit. Ketika dioleskan, itu mendorong sel-sel kulit untuk memperbarui diri dengan kecepatan kilat, membantu membatasi jerawat yang mengganggu, mengaburkan noda dan pigmentasi, dan menghilangkan garis-garis halus. 

"Moringa memiliki sifat antimikroba alami yang membantu meredam peradangan akibat bakteri yang pada akhirnya menyebabkan jerawat," jelas Dr Kemi Fab, Direktur Klinik Kulit Joyful seperti dilansir dari laman Elle UK. Sifat anti-inflamasi ini mengurangi kerusakan pada kulit, menenangkan kulit yang mengarah ke permukaan yang lebih halus.

Daun kelor juga memiliki vitamin E antioksidan, yang membuatnya sempurna untuk mengatasi kulit kering dan bersisik dan penyerang lingkungan lainnya, karena kaya akan asam oleat yang merupakan asam lemak omega. "Daun kelor adalah anti-oksidan yang kuat; dan sekarang dikenal lebih hebat dari kunyit dan matcha sehubungan dengan kemampuannya untuk menetralkan radikal oksigen yang berbahaya bagi struktur sel dan DNA kulit," kata Dr. Fab.

Selain untuk kulit, daun kelor juga bermanfaat untuk melembutkan dan menguatkan rambut. "Banyak klien saya menginginkan produk rambut alami yang tidak mengurangi keefektifan hasil dan kelor adalah tempat yang bagus untuk memulai,' kata Theo Bambacas, ahli pewarna di salon Supernatural. Daun kelor mengandung berbagai macam mineral kaya termasuk seng (penting untuk produksi rambut yang sehat) dan antioksidan untuk membantu meningkatkan produksi keratin. Ini membantu memulihkan kekuatan, meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperbaiki kerusakan. 

Tak hanya kulit dan rambut, daun kelor diperkirakan mengandung zat besi beberapa kali lebih banyak daripada bayam, yang berarti memasukkannya ke dalam makanan Anda dapat membantu meringankan nyeri yang disebabkan olahraga terlalu keras. Bahkan baik untuk sistem kekebalan tubuh. 

"Ini tinggi zat besi, dan beta-karoten, yang digunakan tubuh kita untuk membuat vitamin A - ini adalah nutrisi kekebalan yang penting. Daun kelor juga dikatakan memiliki sifat 'adaptogenik', 'kata ahli gizi Cassandra Barns yang artinya dapat membantu melindungi dari efek stres. '


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT