Tips Good Money Habits ala Prita Ghozie, Bikin Budget Bulanan Itu Penting
TEMPO.CO | 23/09/2020 22:05
Ilustrasi perencanaan keuangan (pixabay.com)
Ilustrasi perencanaan keuangan (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Ada pepatah berbunyi, "Old habits never die". Namun, ternyata European Journal of Social Psychology menemukan bahwa kebiasaan manusia terutama dalam hal urusan keuangan atau cuan dapat berubah dalam 66 hari. Menurut Prita Ghozie, itu juga berlaku untuk kebiasaan keuangan yang baik. 

Prita Ghozie membahas kebiasaan keuangan yang baik atau good money habits di akun Instagramnya @pritaghozie, Selasa, 22 September 2020. Menurut Prita, dia  menerima direct message maupun komentar yang menanyakan tips memulai menata keuangan. 

"#temanPrita, tahu ga salah satu modal dasar yang akan membantu keuangan adalah memiliki Good Money Habit," tulis Prita.

Berikut tips good money habits atau kebiasaan keuangan yang baik dari Prita Ghozie yang bisa Anda terapkan. 

1. Bayar tagihan tepat waktu

Diakui oleh Prita, dirinya lemah dalam hal ini karena sering terlewat "due date". Padahal keutamaan kebiasaan ini adalah terhindar dari kejaran customer service, tidak perlu bayar denda, dan tidak bakal mengalami mati listrik.

"Pilih tanggal tertentu untuk bayar tagihan misal per tanggal 1 dan 15. Pakai sistem autopay untuk tagihan," tulisnya.

2. Membuat budget bulanan

"Mungkin #temanprita tidak percaya, namun setiap tanggal 25 aku selalu membuat bujet dalam format Excel. Budget ini benar-benar seperti panduan rencana pengeluaran untuk bulan tersebut. Bukan sebagai target yang membuat stres," tulisnya.

Caranya, lanjut Prita, copy paste saja budget bulan Januari. Lalu buat modifikasi untuk pengeluaran yang sifatnya khas untuk bulan tersebut, bayar pajak, THR pekerja dan lainnya.

3. Penyimpanan otomatis

"Ini sih jagoanku banget. Sejak usia 24 tahun, aku pasang program auto-save dari rekening tabungan ke rekening investasi reksa dana. Dengan begini, dijamin kita pasti nabung dan investasi setiap bulan," saran Prita.

Jika Anda punya rekening tabungan, setup sistem goal-saver atau ikut progam auto-installment reksa dana. Kemudian, jika Anda punya Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) dari kantor minta HRD untuk menambah opsi iuran pribadi jika memungkinkan.

4. Evaluasi catatan keuangan

Menurut Prita, jika ingin serius menata keuangan maka perlu evaluasi perkembangan aset menjadi keharusan. Caranya mulai dengan download semua aplikasi mobile banking dan mobile investment yang dipakai.

"Screenshoot saldo aset setiap tanggal 1, catat saldo aset di excel, dan bandingkan perkembangannya dengan bulan lalu," tulisnya.

5. Mengulang dan konsisten

Saat mau mencoba good money habit, maka konsistensi adalah kunci. Sekali saja kita terlewat biasanya akan kelewatan terus hingga akhirnya lupa.

"Aku paling suka pakai konsep pembagian rekening Living-Saving-Playing karena memastikan semua pos pengeluaran, tabungan, dan investasi pasti terpenuhi," saran Prita.

Menurut Prita semua good money habit tersebut baik untuk diterapkan satu per satu. Bagaimana jika dikerjakan berbarengan? Maka hidup seseorang akan berubah menjadi lebih baik.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT