5 Makanan untuk Penderita PCOS, Ada Kacang-kacangan dan Ikan
TEMPO.CO | 21/09/2020 06:45
Ilustrasi lentil
Ilustrasi lentil

TEMPO.CO, Jakarta - September merupakan bulan kesadaran sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS). Gangguan sistem reproduksi ini diderita hampir 12 persen perempuan di seluruh dunia. PCOS tidak hanya menyebabkan fluktuasi kadar hormon, tetapi juga terkait dengan infertilitas dan meningkatkan risiko kondisi kesehatan kronis lainnya, termasuk diabetes dan infeksi inflamasi.

Perempuan yang didiagnosis dengan PCOS biasanya diminta untuk mengikuti terapi dengan pil pengatur hormon (pil kontrasepsi) dan menurunkan berat badan. Namun, mengatur pola makan atau diet juga dapat membantu menyeimbangkan masalah hormonal, secara holistik.

Memang tidak ada diet untuk pemulihan PCOS, tetapi protein, vitamin, karbohidrat kontrol dan produk susu, dapat membuat perbedaan drastis dan membantu kondisi jadi lebih baik. Makanan tertentu juga dapat memperparah kondisi dan gejala PCOS.

Jadi, ketahui lima makanan yang harus dimakan perempuan dengan PCOS, seperti dilansir Times of India, Ahad, 20 September 2020.

1. Lentil

Suka atau tidak, lentil adalah salah satu makanan pokok paling sehat. Makanan ini mengandung serat yang dapat membantu pencernaan dan mengontrol kadar gula darah, protein nabati yang ada di dalamnya sangat sehat untuk para vegan dan vegetarian.

Lentil juga dapat membantu menurunkan berat badan. Makanan yang paling bermanfaat bagi perempuan penderita PCOS adalah kacang hitam, buncis, dan lentil kuning.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kaya nutrisi esensial seperti asam lemak dan Omega-3, kacang-kacangan dan biji-bijian yang dikonsumsi secara teratur dapat mengatur fungsi hormonal sekaligus fluktuasi berat badan. Beberapa ahli juga merekomendasikan wanita untuk mengikuti rutinitas 'siklus benih', yaitu pengobatan alami agar fungsi hormonal lebih teratur. Berikut lima kacang-kacangan dan biji-bijian yang harus dimiliki wanita untuk mengontrol PCOS.

3. Jamur

Jenis jamur tertentu, 'jamur maitake', sangat ampuh manfaatnya. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi jamur maitake secara teratur dapat meningkatkan ovulasi dan mengatur menstruasi sampai batas tertentu. Ini juga kaya akan antioksidan sehat, yang dapat menangkal tingkat stres.

4. Ikan

Omega-3 adalah nutrisi penting untuk memperbaiki ketidakseimbangan hormon. Salmon dan jenis ikan tertentu sangat kaya akan Omega-3. Omega-3 tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan penglihatan dan kesehatan otak, tetapi untuk wanita usia subur, dapat membantu menurunkan kadar trigliserida, sensitivitas insulin, mengontrol tingkat stres, dan mengurangi peradangan, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan yang tidak terkendali.

5. Daun hijau

Pastikan untuk memasukkan setidaknya 1-2 porsi sayuran hijau bergizi yang sehat ke dalam menu harian Anda. Sayuran ini kaya nutrisi, terutama vitamin B yang melimpah. Penelitian selama bertahun-tahun menunjukkan bahwa hampir 80 persen perempuan yang menderita PCOS kekurangan vitamin B.

Vitamin B penting yang mendukung kesuburan, mulai dari pengaturan ovulasi, kontrol insulin, dan pengaturan aliran darah dalam tubuh. Karena itu, mengonsumsi vitamin B dapat membantu mengatasi gejala yang dikaitkan dengan PCOS. Vitamin ini juga dapat membantu mengatasi penipisan rambut dan hirsutisme (pertumbuhan rambut berlebih), yang umumnya dialami dengan PCOS dan PCOD.

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT