Berat Badan Turun tapi Lemak Tak Berkurang? Awas Kehilangan Massa Otot
TEMPO.CO | 05/09/2020 08:10
Ilustrasi berat badan. Shutterstock
Ilustrasi berat badan. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Tujuan utama menurunkan berat badan adalah menghilangkan lemak dan menambah massa otot. Cara yang paling umum untuk mencapainya adalah dengan mengatur pola makan dan berolahraga. 

Namun, kadang-kadang upaya ini bukannya menurunkan lemak, tapi justru massa otot.  Kondisi ini merugikan. Sebab, otot memainkan peran penting dalam membakar energi dan menghilangkan lemak.

Semakin banyak otot yang dibentuk tubuh Anda, semakin banyak kalori yang akan Anda bakar. Kehilangan massa otot dapat berdampak negatif pada kekuatan dan daya tahan Anda, serta mengurangi kinerja fungsional.

Jadi, penurunan berat badan Anda terjadi karena kehilangan lemak atau otot? Kenali tanda-tanda jika massa otot Anda berkurang.

1. Lesu 

Merasa lesu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tidak makan dengan benar dapat menyebabkan hilangnya otot, yang dapat menyebabkan gangguan fungsi dan membuat Anda merasa lelah sepanjang hari.

2. Kekuatan menurun

Tidak dapat mengangkat beban seperti yang biasa Anda lakukan sebelumnya. Dengan kata lain, latihan Anda terasa lebih tegang dari biasanya.

3. Berat badan menurun

Penurunan berat badan yang cepat mungkin tampak mengasyikkan, tetapi tidak begitu baik untuk otot. Untuk menurunkan berat badan secara efektif, Anda harus sabar dan tenang untuk mencapai hasil yang diinginkan.

4. Persentase lemak tetap

Tidak ada perubahan yang mencolok pada berat badan Anda. Saat berat badan tetapi persentase lemak Anda tidak bergeser, itu mungkin berarti Anda kehilangan massa otot.

5. Tak dapat menambah beban saat latihan

Jika Anda tidak dapat menambah beban atau membuat kemajuan apa pun saat berolahraga, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda kehilangan massa otot. Mungkin ada faktor lain yang mempengaruhi kinerja Anda, itulah sebabnya harus berkonsultasi dengan profesional untuk memastikannya.

PINKVILLA 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT