5 Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi saat Menstruasi, Cegah Mual dan Sakit Kepala
TEMPO.CO | 30/08/2020 20:10
Ilustrasi sayur mentah. Shutterstock
Ilustrasi sayur mentah. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Menstruasi tidak mudah. Sebagian besar perempuan merasa tidak nyaman seperti pusing dan mual, sebagian lagi merasakan nyeri yang tak tertahankan.  

Rohini Patil, ahli gizi di India dan pendiri Nutracy Lifestyle, mengatakan bahwa selama periode ini perempuan harus lebih berhati-hati dalam diet dan sanitasi. Alasannya, pola makan yang tidak tepat dapat menyebabkan rasa sakit, sakit kepala, mual, diare, dan banyak gejala tidak nyaman lainnya.

Dia menyarankan menyarankan mengonsumsi dan minuman ini selama haid untuk mengurangi gejala yang bikin tidak nyaman. 

1. Sayuran berdaun hijau dan buah

“Biasanya perempuan akan mengalami penurunan kadar zat besi, terutama di hari-hari deras. Hal ini bisa menyebabkan nyeri tubuh, kelelahan, dan pusing,” kata Patil.

Dia mengatakan, sayuran berdaun hijau membantu mengatasi masalah tersebut, begitu juga buah-buahan kaya air seperti semangka dan mentimun. Jika ingin makanan manis, pilih buah daripada gula.

"Ini dapat membantu mengekang keinginan makan gula, makan banyak gula rafinasi dapat menyebabkan kadar glukosa melonjak dan kemudian jatuh," kata dia.

2. Ayam dan ikan

Ayam dan ikan merupakan sumber zat besi dan protein yang bagus. Makan protein sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama.

“Ini kaya protein dan asam lemak omega 3. Mengonsumsi zat besi akan menangkal penurunan kadar zat besi saat menstruasi,” kata Dr Patil.

3. Quinoa dan lentil

Quinoa kaya akan nutrisi seperti zat besi, magnesium, dan protein. “Ini juga bebas gluten dan akan membuat Anda merasa lebih kenyang. Lentil merupakan sumber protein yang bagus dan juga bisa jadi pengganti daging untuk vegan dan vegetarian. Makanan ini juga kaya zat besi, menjadikannya tambahan yang bagus untuk diet,” katanya.

4. Kacang dan cokelat hitam

Cokelat hitam kaya akan magnesium dan zat besi. Kacang sama pentingnya, jadi pastikan Anda meminumnya setiap hari.

“Kebanyakan kacang kaya akan asam lemak omega 3 dan merupakan sumber protein yang bagus. Jika Anda tidak ingin makan kacang sendiri, tambahkan ke dalam smoothie buah Anda,” saran ahli gizi.

5. Air

Dalam kondisi apa pun, air sangat penting. "Tetap terhidrasi dapat mengurangi kemungkinan terkena sakit kepala dehidrasi, yang merupakan gejala umum menstruasi," kata dia.

Sebaliknya, dia menyarankan menghindari tiga makanan ini. 

1. Garam dan makanan pedas

Hindari gorengan dan dan makanan kemasan karena kaya akan garam dan natrium.
“Konsumsi garam berlebih menyebabkan retensi air yang menyebabkan kembung selama menstruasi,” kata Patil seperti dilansir dari Indian Express, Sabtu, 29 Agustus 2020.

Hindari juga makanan pedas karena bisa membuat perut mual dan menyebabkan naiknya asam lambung.

2. Kopi

“Hindari minuman seperti kopi, minuman energi dll karena dapat menyebabkan sakit kepala dan sembelit. Itu juga bisa menyebabkan masalah pencernaan,” dia menyarankan.

3. Alkohol

Alkohol memiliki banyak efek pada tubuh mulai dari mabuk berat hingga sakit kepala. Jadi, lebih baik hindari daripada menimbulkan gejala tak nyaman selama menstruasi.

Sebaliknya, dia menyarankan mengonsumsi makanan-makanan berikut ini. 

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT