WHO Sarankan Anak Usia 12 Tahun Selalu Pakai Masker
TEMPO.CO | 23/08/2020 13:52
Plan Indonesia membagikan 40.000 masker bagi anak-anak di Kabupaten Lembata. Kredit: Plan Indonesia
Plan Indonesia membagikan 40.000 masker bagi anak-anak di Kabupaten Lembata. Kredit: Plan Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengeluarkan panduan terbaru dengan mengharuskan anak-anak usia di atas 12 tahun memakai masker atau sejalan dengan praktik yang direkomendasikan untuk orang dewasa. Hal itu penting dilakukan mengingat sudah lebih dari 800 ribu orang meninggal akibat Covid-19.

WHO mengakui sampai saat ini masih sedikit yang diketahui tentang bagaimana anak-anak menularkan virus. Walau begitu, ada bukti bahwa remaja dapat menulari orang lain dengan cara yang sama seperti orang dewasa. Menurut WHO, seperti dilansir BBC.com, anak berusia lima tahun ke bawah tidak disarankan memakai masker.

Hingga kini lebih dari 800 ribu orang dilaporkan meninggal akibat virus corona baru penyebab wabah Covid-19 di seluruh dunia. Tim dari Universitas John Hopkins pun menyebutkan ada 23 juta kasus infeksi telah terdaftar di dunia. Kebanyakan dari korban meninggal dunia tercatat di Amerika Serikat, Brazil dan India. Walau begitu, para peneliti meyakini bahwa jumlah orang yang pernah terkena virus jauh lebih tinggi, karena pengujian yang tidak memadai dan kasus tanpa gejala.

Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus memperkirakan pandemi akan berakhir dalam dua tahun, tetapi seorang penasihat ilmiah terkemuka di Inggris memperingatkan Covid-19 mungkin tidak akan pernah bisa diberantas sehingga orang-orang membutuhkan vaksinasi rutin. WHO menyarankan anak-anak usia 6 sampai 11 tahun cukup dipasangkan masker kalau mereka berinteraksi dengan individu yang berisiko tinggi seperti orang tua. Organisasi itu juga menekankan perlunya pengawasan orang dewasa untuk membantu anak-anak menggunakan, memakai dan melepas masker dengan aman.

Sedangkan untuk para guru, WHO menyatakan di daerah-daerah penularan semakin meluas. Smua orang dewasa di bawah usia 60 tahun dan yang secara umum memiliki kesehatan yang baik harus mengenakan masker kain ketika mereka tidak dapat menjamin jarak setidaknya satu meter dari orang lain. "Sangat penting bagi orang dewasa yang bekerja dengan anak-anak yang mungkin memiliki kontak dekat dengan anak-anak dan satu sama lain."

Orang dewasa berusia 60 atau lebih, atau mereka yang memiliki kondisi kesehatan dengan penyakit penyerta, harus memakai masker medis. Akan tetapi pedoman WHO tidak menentukan apakah seorang anak di atas usia 12 tahun harus memakai masker di sekolah.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT