Ini Segudang Manfaat Pelihara Ikan di Tengah Pandemi
TEMPO.CO | 20/08/2020 07:35
Pengunjung wanita menggunakan pakaian tradisional saat melihat instalasi akuarium berisikan ikan mas di acara Art Aquarium 2018, di Tokyo, Jepang, 5 Juli 2018. Pameran yang menampilkan ribuan ikan emas di dalam aquarium unik ini merupakan karya desainer J
Pengunjung wanita menggunakan pakaian tradisional saat melihat instalasi akuarium berisikan ikan mas di acara Art Aquarium 2018, di Tokyo, Jepang, 5 Juli 2018. Pameran yang menampilkan ribuan ikan emas di dalam aquarium unik ini merupakan karya desainer Jepang Hidetomo Kimura. REUTERS/Kim Kyung-Hoon

TEMPO.CO, JakartaPandemi Covid-19 telah menciptakan beragam hobi baru di kalangan masyarakat. Jika sebelumnya ada memasak, bercocok tanam dan bersepeda, kini ada tren baru yang banyak dikerjakan, yakni memelihara ikan di akuarium.

Rupanya, kegiatan memelihara ikan memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Tahu apa saja? Melansir dari situs The Spruce Pets dan Rate My Fish Tank, berikut adalah lima manfaat diantaranya.

  1. Mengurangi stres
    Dalam menjalani aktivitas harian, kita tentu tidak pernah lepas dari rasa stres. Dengan memelihara ikan di akuarium, masalah kesehatan mental ini rupanya bisa diatasi. Menurut sebuah penelitian, hal tersebut disebabkan oleh warna ikan di dalam akuarium. Para ahli menyimpulkan bahwa ini bisa memberikan efek yang menenangkan sehingga membuat seseorang menjadi lebih rileks.

  2. Meningkatan kualitas tidur
    Tak jarang banyak orang yang mengalami kesulitan untuk tidur di malam hari. Padahal, istirahat yang cukup adalah kunci dari kesehatan jangka panjang. Nah, bagi Anda yang mengalami insomnia, memelihara ikan di akuarium pun bisa mengatasi masalah ini. Khususnya jika diletakkan di dalam kamar tidur, suara aliran airnya yang lembut akan membantu Anda tertidur lebih cepat.

  3. Meningkatkan kesehatan jantung
    Memiliki tangki berisikan ikan ternyata juga dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda. Menurut sebuah penelitian, melihat tangki ikan dapat memperlambat detak jantung dan menurunkan tekanan darah Anda sebanyak tiga hingga tujuh persen. Tak heran jika Anda memiliki masalah tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan jantung lainnya, para ahli akan menyarankan untuk memelihara ikan.

  4. Meningkatan fokus dan kreativitas
    Akuarium ikan yang diletakkan di ruang kerja Anda dipercaya dapat membantu meningkatkan fokus dan kreativitas Anda secara maksimal. Stimulasi visual dari akuarium ikan yang aktif mungkin juga memiliki efek terapeutik sehingga memberikan pikiran sesuatu yang lain untuk difokuskan selama beberapa waktu, terlebih saat Anda sedang dihadapkan oleh suatu masalah.

  5. Menenangkan anak dengan gangguan hiperaktif
    Tahukah Anda bahwa anak-anak dengan gangguan hiperaktif dapat ditenangkan dengan akuarium ikan? Dalam suatu penelitian yang dilakukan di Universitas Purdue, keberadaan akuarium ikan di rumah diyakini bisa meningkatkan suasana nyaman sekaligus mengurangi perilaku agresif. Ini juga dapat meningkatkan konsentrasi dan tidur, dimana keduanya sangat penting untuk meningkatkan kinerja anak di sekolah.

    SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | THESPRUCEPETS | RATEMYFISHTANK

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT