Manfaat Bawang Putih hingga Kantong Teh untuk Obat Sakit Gigi Kala Malam Hari
TEMPO.CO | 15/08/2020 13:50
Ilustrasi bawang putih. shutterstock.com
Ilustrasi bawang putih. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Pernahkah Anda tiba-tiba merasakan nyeri di gigi saat malam hari? Sakit gigi malam hari tentu akan menganggu waktu tidur Anda. Sakit gigi bisa disebabkan oleh sesuatu yang terjadi pada gigi atau gusi Anda. Kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh rasa sakit di bagian lain tubuh Anda. Banyak orang menggunakan obat sakit gigi berupa pereda nyeri yang dijual bebas.

Selain konsumsi obat sakit gigi, Anda bisa mengangkat kepala dengan posisi lebih tinggi dari tubuh Anda. Hindari makan makanan asam, dingin, atau keras tepat sebelum tidur. Makanan ini dapat memperburuk gigi dan gigi berlubang yang mungkin sudah terbentuk. Cobalah untuk menghindari makanan yang memicu rasa sakit. Bilas gigi Anda dengan obat kumur. Gunakan obat kumur yang mengandung alkohol untuk mendisinfeksi dan membuat gigi mati rasa.

Anda juga bisa menggunakan kompres es sebelum tidur. Bungkus kantong es dengan kain dan letakkan bagian wajah yang menyakitkan di atasnya. Hal ini bisa membantu mengurangi rasa sakit sehingga Anda bisa istirahat. Meskipun Anda mungkin tidak dapat menghilangkan rasa sakit sepenuhnya, ada beberapa perawatan rumahan yang dapat Anda coba untuk membantu mengatasi rasa sakit.

Obat sakit gigi alami seperti dilansir dari Medical News Today

1. Bilas air garam

Bagi banyak orang, bilasan air garam adalah pengobatan pertama yang efektif. Air garam adalah disinfektan alami dan dapat membantu melonggarkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi Anda. Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut. Untuk menggunakan cara ini, campurkan 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur. 

2. Pembilasan hidrogen peroksida

Cairan hidrogen peroksida bilas mungkin juga membantu untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan. Selain membunuh bakteri, hidrogen peroksi dapat mengurangi plak dan menyembuhkan gusi berdarah. Pastikan Anda mengencerkan hidrogen peroksida dengan benar. Untuk melakukan cara ini, campurkan 3 persen hidrogen peroksida dengan air bagian yang sama dan gunakan sebagai obat kumur. Jangan menelannya.

3. Kompres dingin

Anda dapat menggunakan kompres dingin untuk menghilangkan rasa sakit yang Anda alami, terutama jika ada jenis trauma yang menyebabkan sakit gigi Anda. Kompres dingin akan menyebabkan pembuluh darah di area tersebut mengerut. Ini membuat rasa sakit tidak terlalu parah. Dingin juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan. Untuk menggunakan pendekatan ini, pegang kantong es yang dibungkus handuk ke area yang terkena selama 20 menit setiap kali. Anda dapat mengulanginya setiap beberapa jam. 

4. Kantong teh peppermint

Kantong teh peppermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan menenangkan gusi yang sensitif. melakukan ini, biarkan kantong teh bekas menjadi dingin sebelum dioleskan ke area yang terkena. Ini masih harus sedikit hangat. Untuk melakukan cara ini, masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya dan kemudian tempelkan kantong tersebut ke gigi Anda.

5. Bawang putih

Selama ribuan tahun, bawang putih telah dikenal dan digunakan untuk khasiat pengobatannya. Tidak hanya itu membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tapi juga bisa bertindak sebagai pereda nyeri. Untuk menggunakan ini, hancurkan satu siung bawang putih untuk membuat pasta dan oleskan ke area yang terkena. Anda mungkin ingin menambahkan sedikit garam. Sebagai alternatif, Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan.

6. Ekstrak vanili

Ekstrak vanila mengandung alkohol yang dapat membantu meredakan nyeri. Kandungan antioksidan di dalamnya penyembuh yang efektif. Untuk menggunakan ini, oleskan sedikit ekstrak vanili ke jari Anda atau bola kapas. Oleskan langsung ke area yang terkena beberapa kali sehari.

7. Cengkeh

Cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi sepanjang sejarah, karena minyaknya dapat secara efektif mematikan dan mengurangi nyeri peradangan karena mengandung eugenol, yang merupakan antiseptik alami. Untuk menggunakan cara ini, oleskan sedikit minyak cengkih ke bola kapas dan oleskan ke area yang terkena. Anda mungkin ingin mengencerkan minyak cengkeh dengan beberapa tetes minyak pembawa, seperti minyak zaitun, atau air. Lakukan ini beberapa kali sehari. Anda juga bisa menambahkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas kecil air dan membuat obat kumur.

8. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki khasiat anti inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Selain itu, daun jambu biji juga punya anti-mikroba yang dapat membantu perawatan mulut. Untuk menggunakan cara ini, kunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang telah dihancurkan ke air mendidih untuk membuat obat kumur.

9. Wheatgrass

Wheatgrass memiliki khasiat penyembuhan yang tak terhitung jumlahnya dan dapat bekerja untuk menyembuhkan tubuh Anda dari dalam jika dikonsumsi secara internal. Dapat meredakan peradangan di mulut Anda dan mencegah infeksi. Kandungan klorofilnya yang tinggi juga bisa melawan bakteri. Untuk menggunakan ini, cukup gunakan jus rumput gandum sebagai obat kumur.

10. Thyme

Thyme juga memiliki antibakteri dan antioksidan yang kuat dan dapat membantu mengobati sakit gigi. Oleskan beberapa tetes minyak esensial thyme dan beberapa tetes air ke kapas. Setelah mengencerkan minyak dengan air, oleskan ke area yang terkena. Anda juga bisa menambahkan setetes minyak ke segelas kecil air dan pakai untuk obat kumur. 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT