Kunci Diet Olivia Culpo, Konsumsi Serat dan Protein di Setiap Waktu Makan
TEMPO.CO | 14/08/2020 05:16
Olivia Culpo. Instagram/@oliviaculpo
Olivia Culpo. Instagram/@oliviaculpo

TEMPO.CO, Jakarta - Model Olivia Culpo paham betul bahwa menutrisi tubuhnya adalah suatu keharusan jika dia ingin melakukan semua hal. Mulai dari pemotretan, mengerjakan lini penutup wajahnya yang modis bernama More Than a Mask), hingga membuat koleksi kapsul kacamata hitam barunya bersama Prive Revaux dan untuk mempersiapkan film berikutnya, Venus As A Boy yang tayang perdana pada musim gugur 2020.

Influencer yang selalu aktif mengubah strategi nutrisinya tergantung pada apa yang ada di piringnya. Ketika dia hanya memiliki lima hari untuk mempersiapkan pemotretan sampul Sports Illustrated Swimsuit yang berlangsung di Bali pada November 2019, dia menghidrasi sebanyak mungkin, mengurangi alkohol dan gula, dan olahraga dengan rutin. 

Namun, ketika dia tidak terburu-buru dalam persiapan waktu sibuk untuk pemotretan, Olivia Culpo lebih santai tentang rutinitasnya. "Saya berpegang pada aturan 80/20," katanya pada Women's Health. "Selama karantina, lebih 40/60. Saya hanya mencoba untuk menjaga keseimbangan."

Satu filosofi yang dia coba pegang, tidak peduli seperti apa keseimbangan itu: memuat serat dan protein, sebuah prinsip yang dia ambil dari temannya, ahli gizi yang berbasis di New York, Amerika Serikat, Tanya Zuckerbrot. Biasanya, dia menjaga karbohidrat secara keseluruhan tetap rendah.

Cara Olivia Culpo memasukkan banyak serat dan protein ke dalam makanan sehari-harinya.

Sarapan
Olivia mengatakan bahwa dia termasuk orang yang rutin bangun pagi, berkat anak anjingnya membantunya untuk memulai hari itu. "Saya biasanya bangun sekitar pukul tujuh atau delapan, tetapi sekarang saya memiliki anak anjing, jadi saya bangun lebih awal pukul enam," katanya.

Begitu dia bangun, Olivia memulai harinya dengan sarapan kopi dan buah yang kaya serat. "Saya memiliki kopi panas dengan susu almond dan saya suka blackberry, blueberry, raspberry, dan stroberi," katanya. "Makanan yang benar-benar sempurna untuk pagi hari; sangat menyegarkan dan penuh serat." Lalu, dia akan mengunyah putih telur dan alpukat dengan roti panggang.

Makan siang
Karena hari-harinya sibuk, Olivia membuat makan siangnya cepat dan mengenyangkan. "Untuk makan siang, aku akan memesan salad," katanya. "Saya suka ayam dan sayuran apa pun dengan miso vinaigrette."

Saat dia sedang tidak ingin makan salad yang renyah, dia menyalakan oven. "Salah satu trik yang saya gunakan adalah mudah, makan satu panci," katanya. "Saya memotong ayam, memasukkannya ke dalam tas, membumbui, dan menggulung ayam di bumbu. Lalu, saya taruh di wajan dengan broccolini dan ubi dan panggang pada 350 atau 375."

Makanan ringan
Untuk membuatnya kenyang di sela-sela waktu makan, Olivia selalu menyimpan camilan yang mengandung serat dan protein. "Saya terobsesi dengan kacang," katanya. "Saya membuat kacang campur biasa karena saya suka garam. Kacang almond mentah tanpa garam terlalu membosankan bagi saya."

Dia juga menyukai campuran makanan ringan dengan M&M, kismis, almond, kacang mete, dan kacang tanah — terutama pada hari pemotretan. "Saya perlu energi di lokasi syuting, jadi saya suka kismis dan cokelat," katanya.

Olivia juga menyukai camilan yang bisa diminum. "Smoothie benar-benar mengenyangkan, jadi jika saya mencoba untuk benar-benar bersih, terkadang saya menjadikannya camilan," katanya. "Saya membuat pisang beku, kakao, sedikit mentega almond atau PB2, garam, kayu manis, vanila, dan Vital Proteins Collagen Powder atau Garden of Life Vanilla Organic Plant Protein." Saat mengeluarkan blender bukanlah pilihan, dia mengambil Evolve Protein Shake yang sudah jadi.

Makan malam
Saat makan malam tiba, Olivia Culpo biasanya memasak kombinasi sayuran dan protein. Salah satu makan malam favoritnya: Palmini linguine  dengan ayam, saus tomat Rao, dan kacang polong atau jamur. "Ini sangat enak dan meniru pasta," katanya. Satu lagi karyanya: Miracle Noodles, yang terbuat dari serat dari tanaman konjak. "Ini adalah mi rendah karbohidrat yang saya suka gunakan dengan kerang, caper, dan minyak ringan," katanya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT