Manfaat Buah Zuriat, dari Anti-aging hingga Mencegah Stres
TEMPO.CO | 13/08/2020 22:20
Buah Zuriat (Sehatq.com)
Buah Zuriat (Sehatq.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Buah zuriat sangat populer di kalangan peziarah. Buah ini dipercaya memiliki banyak khasiat dan serta mengandung nutrisi yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Buah asal Mesir ini memiliki warna oranye yang biasanya disamakan dengan jahe.

Melansir laman Yes Health, Kamis 13 Agustus 2020, zuriat memiliki kadar air buah sebanyak 24,05 persen, sedangkan kelembapannya disesuaikan dengan nilai kandungan buahnya, bisa 29,85 persen, 38,50 persen, 50,07 persen dan 67,59 persen. 

Ukuran ketebalan daging buah rata-rata adalah 5,43 milimeter, dengan kisaran antara 3,19 sampai 7,57 milimeter. Ukuran tersebut didapat dari buah kelapa berdimensi yang telah dipisahkan oleh ruas lainnya dan dari daging ini bisa dipertahankan saat buah dikupas.

Di Tanah Air, buah ini diklaim dapat membantu program kehamilan. Tapi sebenarnya ada lebih banyak manfaat buah zuriat, berikut di antaranya.

1. Anti-aging untuk cegah penuaan dini

Sebuah studi klinis membuktikan bahwa kandungan buah ini akan memberikan efek yang baik bagi kulit wajah, seperti kesehatan dan akan menghindarkan Anda dari penuaan dini yang akan membuat Anda menjadi lebih awet muda.

2.  Melawan radikal bebas

Buah zuriat ini mengandung antioksidan dan nitrogen reaktif yang sangat baik untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas sangat berbahaya bagi kesehatan karena dapat menyebabkan penyakit kanker yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

3. Mencegah dan mengurangi stres

Buah zuriat mengandung fitokimia antioksidan yang sangat banyak seperti flavonoid, coumarin, hidroksinamat dan komponen lignin yang sangat bermanfaat sekali untuk mencegah dan juga untuk mengurangi stres oksidatif akibat radikal bebas.

4. Memiliki nutrisi yang tinggi

Penelitian menunjukkan bahwa buah-buahan ini mengandung nutrisi yang sarat akan mineral, protein dan asam lemak, khususnya pada nutrisi esensial asam linoleat. Identifikasi senyawa dengan kromatografi lapis tipis, menunjukkan bahwa buah ini mengandung sejumlah saponin, kumarin, hidroksinamat, minyak atsiri, dan flavonoid yang signifikan.

5. Anti-hipertensi

Buah ini juga sering dikunyah dan sangat bermanfaat untuk mengontrol hipertensi. Anda dapat mengunyah potongan buahnya saat masih mentah, tapi saat sudah matang buah akan sulit dimakan.

6. Antioksidan

Dalam pengobatan tradisional Cina selama lebih dari 2.000 tahun, buah ini direkomendasikan untuk meningkatkan asupan makanan yang kaya antioksidan (seperti polifenol, karotenoid) untuk efek kesehatan yang sangat terkenal. Buah ini memang dikenal kaya antioksidan. 

7. Mengatasi alergi

Buah ini mengandung flavonoid dan juga hydroxycinnamates yang dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena mengatasi alergi.

8. Mengatasi radang

Jadi, jika sedang terluka atau infeksi bisa jadi memakan buah ini karena mengandung anti-peradangan.

10. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah zuriat sangat baik untuk mencegah penyakit kanker. 


REKOMENDASI BERITA