Bioskop di Taiwan Berikan Kenangan Manis untuk Penonton Sebelum Tutup
TEMPO.CO | 11/08/2020 08:51
Ilustrasi Bioskop. shutterstock.com
Ilustrasi Bioskop. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Gedung bioskop terbesar di Taiwan, Taipei Sun, akan tutup pada 8 September 2020. Bioskop ini berhenti beroperasi bukan karena pandemi Covid-19, melainkan masa sewanya telah berakhir.

Sebelum benap-benar tutup, bioskop yang terletak di Distrik Ximending, Kota Taipei, itu memberikan hadiah kepada penonton. Pengelola Taipei Sun meluncurkan program beli satu tiket, gratis satu tiket dan memberikan hadiah kepada penonton.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan yang cukup lama dari para pecinta film," demikian pernyataan pengelola Taipei Sun yang tertera dalam pengumuman di akun Facebook resmina, Jumat 7 Agustus 2020.

Bioskop Taipei Sun pertama beroperasi pada 3 Agustus 2007. Gedung bioskop milik jaringan bisnis Vie Show Cinemas tersebut menjadi tempat hiburan favorit anak muda Kota Taipei. Taipei Sun memiliki empat terater layar lebar, termasuk digital IMAX yang mampu menampung 836 penonton, termasuk tujuh kursi khusus penonton difabel.

Gedung Bioskop Teipei Sun berada di dekat pintu keluar Nomor 6 Stasiun Ximen dan menempati salah satu gedung di Jalan Wuchang yang berusia lebih dari 50 tahun. Ketika bioskop ini sudah hengkang, sejumlah sumber Kantor Berita CNA menyebutkan pemilik gedung berencana membangun pusat perbelanjaan di sana.

Juru bicara jaringan bisnis Vie Show Cinemas, Lee Kuang Chueh mengatakan karena pemilik Bioskop Taipei Sun memiliki hubungan dekat dengan pemilik gedung, maka tidak menutup kemungkinan mereka akan kembali bekerja sama di industri tersebut. Taipei Sun -sebelumnya bernama Sunrise Theatre, merupakan salah satu bioskop tua di Taipei yang buka pada September 1966.

Vie Show Cinemas menghabiskan dana 60 juta dolar Taiwan atau setara Rp 29,9 miliar untuk merenovasi gedung Sunrise Theatre menjadi Taipei Sun. Pada tahun lalu, Taipei Sun membukukan pendapatan lebih dari 100 juta dolar Taiwan atau sekitar Rp 49,9 miliar dari sekitar 400 ribu penonton.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT