Ngemil Bisa Bikin Gendut? Coba Dulu 6 Camilan Sehat dan Rendah Kalori Ini
TEMPO.CO | 10/08/2020 21:25
Ilustrasi popcorn. shutterstock.com
Ilustrasi popcorn. shutterstock.com

TEMPO.CO, Jakarta - Ngemil jadi salah satu alasan kenaikan berat badan. Ini karena umumnya camilan mengandung tinggi gula, garam, dan kalori.

Tapi ternyata tak selamanya itu terjadi. Jika pilihan camilan sehat, ngemil membantu Anda menahan lapar hingga waktu makan berikutnya tanpa takut berat badan naik.

Berikut adalah beberapa cemilan sehat sekaligus enak yang bisa Anda coba.

1. Buah

Selain sehat, buah-buahan juga mudah didapat. Pilihan buahnya bebas sesuai keinginan Anda meski lebih disarankan untuk memilih buah berkalori rendah seperti pir, pisang, jambu biji, stroberi atau buah-buahan beri lain.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang kenari, kacang mede kaya akan protein dan serat sehingga bisa jadi camilan sehat. Tapi camilan ini juga mengandung kalori tinggi sehingga batasi mengonsumsinya. Pilih varian asli tanpa tambahan gula dan garam.

3. Susu                                   

Jika lapar datang sebelum waktu makan, jangan cari nasi. Coba minum susu. Minuman ini mengandung karbohidrat, protein, juga kalsium sehingga bisa memberi rasa kenyang. Pilih varian susu tanpa lemak.

4. Popcorn

Popcorn merupakan sumber karbohidrat kompleks yang kaya serat sehingga membantu menahan rasa lapar. Pilih varian tanpa tambahan garam dan lemak agar tetap bernutrisi.

5. Granola

Granola terbuat dari oat yang merupakan karbohidrat kompleks, sehingga bisa menjadi pilihan camilan sehat. Makanan ini juga kaya serat, vitamin, serta mineral sehingga bisa mengenyangkan.

6. Sandwich

Sandwich juga bisa jadi camilan penahan lapar. Syaratnya pilih yang ukuran kecil atau setengah dari porsi normal. Daripada beli, cobalah membuatnya sendiri dari roti gandum yang diisi dengan berbagai sayur, seperti tomat dan selada, ditambah dengan setengah helai daging asap. Jangan tambahkan terlalu banyak mentega, gula, atau selai agar rendah kalori.

SEHATQ

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT