Kronologi Penemuan Wisatawan yang Terseret Ombak Pantai Goa Cemara
TEMPO.CO | 10/08/2020 20:28
Tim SAR sedang mencari wisatawan yang terseret ombak di Pantai Goa Cemara, Yogyakarta. Foto: Antaranews
Tim SAR sedang mencari wisatawan yang terseret ombak di Pantai Goa Cemara, Yogyakarta. Foto: Antaranews

TEMPO.CO, Jakarta - Tujuh wisatawan terseret ombak Pantai Goa Cemara, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, pada Kamis, 6 Agustus 2020 pukul 09.30 WIB. Saat itu, lima dari tujuh wisatawan asal Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, itu sedang bermain di pinggir pantai.

Lima orang yang bermain di bibir pantai adalah Joko Widodo, 38 tahun, Muhammad Zafir Alfarizi (8), Muhammad Rizky Romadhon (7), Ahmad Chairul Fatah (4), dan Muhammad Zidane Abdori (8). Sementara Uli Nur Rohmi (28) dan Ahmad Nur Fauzi (30) berada agak jauh dari tepi pantai.

Mereka tak menyangka ombak besar datang. Lima wisatawan yang berada di pinggir pantai itu terseret ombak. Uli Nur Rohmi dan Ahmad Nur Fauzi yang mengetahui kondisi darurat itu langsung mendekat untuk menolong. Namun mereka semua turut terempas ombak.

Tim Search and Rescue atau SAR menemukan Uli Nur Rohmi dan Ahmad Nur Fauzi. Mereka langsung dilarikan ke Puskesmas Sanden, namun meninggal dalam perjalanan. Petugas meneruskan pencarian hingga pada Senin, 10 Agustus 2020 menemukan semua wisatawan yang tewas terseret ombak pantai selatan di Pantai Goa Cemara.

Tim SAR Gabungan mengevakuasi wisatawan yang terseret ombak Pantai Goa Cemara Bantul, Yogyakarta. Foto: Antaranews

Pada Jumat, 7 Agustus 2020, pukul 19.10 WIB, tim SAR menemukan jasad Muhammad Zafir Alfarizi di sekitar Pantai Pandansimo. Pantai ini terletak sekitar lima kilometer arah barat dari Pantai Goa Cemara. Seorang nelayan menemukan Zafir saat menjaring ikan. Dia terkejut saat mengangkat jaring karena ada jenazah anak kecil yang tersangkut di sana. Paino kemudian melapor ke petugas yang kebetulan sedang berpatroli di sekitar situ.

Esok harinya, Sabtu 8 Agustus 2020, Tim SAR Gabungan menemukan tiga jenazah wisatawan yang terseret ombak Pantai Goa Cemara. Mereka adalah Joko Widodo, Muhammad Rizky Romadhon, dan Muhammad Zidane Abdori.

Jasad Muhammad Rizky Romadhon ditemukan pada pukul 08.45 WIB di Pantai Indokor, Srandakan. Pantai ini terletak sekitar dua kilometer di sebelah barat Pantai Goa Cemara, Yogyakarta. Adapun Joko Widodo dan Muhammad Zidane Abdori ditemukan sekitar pukul 11.15 WIB di lokasi berbeda.

Pada Senin, 10 Agustus 2020, pukul 07.30, tim SAR mendapatkan laporan dari nelayan yang menemukan Ahmad Chairul Fatah. Nelayan itu sedang mencari lobster di perairan antara Pantai Baron dan Pantai Drini, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 50 kilometer dari Pantai Goa Cemara.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT