Sering Dianggap TIdak Sehat, Simak 4 Manfaat Nasi Putih bagi Tubuh
TEMPO.CO | 04/08/2020 05:35
Ilustrasi nasi (Pixabay.com)
Ilustrasi nasi (Pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Nasi putih jadi sumber karbohidrat sebagian besar masyarakat Indonesia. Meski banyak penggemarnya, nasi ini sering dianggap tidak baik terutama bagi orang yang sedang menjalani diet.

Alasannya, makanan ini mengandung indeks glikemik 64, tergolong sedang yang mendekati tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dan menambah berat badan.

Meski demikian, nasi putih sebenarnya mengandung banyak nutrisi, mulai dari mineral, vitamin, hingga gizi utama seperti karbohidrat dan protein. Satu porsi (186 gram) nasi putih mengandung kalori 242, lemak: 0,4 g, karbohidrat 53,4 gram, serat: 0,6 gram, dan protein: 4,4 gram.

Beberapa vitamin juga terdapat di dalamnya, terutama vitamin B kompleks seperti tiamin, niacin, dan riboflavin. Makanan ini juga bisa dijadikan sumber mineral karena di dalamnya juga terkandung zat besi, mangan, dan magnesium. Namun, dibandingkan dengan nasi berwarna, seperti nasi merah atau cokelat, nasi putih memang mengandung lebih sedikit serat. 

Berikut manfaat nasi putih yang ternyata baik untuk pencernaan hingga berguna untuk kesehatan saraf dan otot.

1. Baik untuk pengidap penyakit celiac

Nasi putih adalah salah satu makanan yang tidak mengandung gluten sehingga baik untuk pengidap penyakit celiac, penyakit autoimun yang menyerang sistem pencernaan. Tidak hanya disantap sebagai nasi, beras putih juga bisa diolah jadi berbagai macam olahan, seperti mi, bihun, tepung, hingga minuman.

2. Sumber energi yang baik untuk tubuh

Kaya karbohidrat, nasi putih bisa menjadi salah satu sumber energi paling efektif. Itulah alasannya, para atlet lebih banyak yang memilih nasi putih dibandingkan dengan nasi merah dan nasi cokelat.

3. Bantu jaga kesehatan tulang, saraf, dan otot

Magnesium yang terkandung di dalam nasi putih merupakan mineral yang penting untuk menjaga fungsi tulang, saraf, dan otot.

4. Baik untuk kesehatan usus

Nasi mengandung serat khusus yang akan diubah menjadi asam lemak oleh tubuh. Asam lemak tersebut berguna untuk menjaga kesehatan usus dan bahkan mengurangi risiko terjadinya kanker kolorektal.

SEHATQ

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT