Mulai MPASI Anak dengan Menu Tunggal, Simak Kata Dokter
TEMPO.CO | 14/07/2020 21:55
Ilustrasi bayi makan MPASI (pixabay.com)
Ilustrasi bayi makan MPASI (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Shandy Aulia memutuskan memberikan sang putri, Claire Herbowo, makanan pendamping air susu ibu atau MPASI sebelum usia 6 bulan. Dia mendapat kritik dari warganet karena tidak mengikuti anjuran memberikan MPASI di usia bayi 6 bulan, seperti anjuran Organisasi Keseharan Dunia atau WHO dan Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI. 

Melansir dari laman Instagramnya, Shandy Aulia menuliskan alasannya memberi MPASI, bukan keputusan iseng tapi sudah konsultasi pada dokter anak yang sudah berpengalaman. 

"MPASI lebih dini adalah sebuah pilihan mutlak dari seorang ibu bila memang kondisi bayi siap untuk MPASI tentunya dengan berkonsultasi dulu pada dokter ahlinya dan juga dengan pantauan dokter. Termasuk pilihan menu MPASI yang saya berikan pada Claire saat ini sudah saya konsultasi baik-baik dengan dokter gizi," ucapnya.

Menu perdana yang dipilih Shandy ialah menu tunggal, yaitu buah alpukat yang dibuat pure, ASI, dan sedikit madu. Alpukat dipilih karena mengandung banyak nutrisi. 

Merujuk pada situs Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), MPASI diberikan karena kandungan ASI sudah tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi di usia 6 bulan. MPASI dianjurkan memenuhi kebutuhan energi, protein, dan mikronutrien anak.

Menurut dokter spesialis anak Lucia Nauli Simbolon, pemberian menu tunggal atau pure buah alpukat bukan termasuk makanan utama melainkan snack atau selingan. Namun, pure sering jadi pilihan para ibu untuk menu pertama bayi. Makanan utama sebaiknya mengandung unsur lengkap seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

"Nah kalau hanya satu buah termasuk snack atau buah hitungannya, misal hanya alpukat atau pisang. Kecuali kalau dikasih alpukat, salmon, dan sedikit ubi. Pure kembali ke konsep lama yang dimulai dengan pure," ujar Lucia saat dihubungi Tempo.co, Senin 13 Juli 2020.

Merujuk informasi terbaru yang sejalan dengan rekomendasi IDAI, pemberian MPASI saat ini disebut menu lengkap atau dikenal sebagai menu 4 bintang.

"Intinya, harus ada 3 unsur karbohidrat, lemak, dan protein. Kalau untuk protein disarankan hewani seperti ayam, ikan, dan sapi yang tinggi," saran Lucia.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT