Tips dan Trik Merapikan Dapur yang Selalu Berantakan
TEMPO.CO | 14/07/2020 18:40
Ilustrasi dapur kotor. Shutterstock
Ilustrasi dapur kotor. Shutterstock

TEMPO.CO, Jakarta - Tak peduli seberapa rapi Anda, dapur sering kali mudah berantakan terutama setelah memasak. Sebab, area ini adalah tempat paling sibuk dan penting di rumah. Anda dan keluarga memulai dan mengakhiri hari di situ.

Meski ini area paling sibuk, Anda bisa membuatnya selalu rapi. Jika tidak tahu harus mulai dari mana, berikut tips dan trik yang akan membantu Anda.

1. Bertahap dan fokus

Membersihkan kekacauan yang terakumulasi berbulan-bulan bukan hal yang mudah. Jadi, lakukan selangkah demi selangkah. Pilih salah satu hal yang akan diselesaikan dan fokuslah di situ. 

2. Atur laci 

Salah satu tugas yang menghabiskan waktu adalah mengatur lemari dan laci. Cara terbaik untuk melakukannya adalah mengeluarkan semua item yang sudah kedaluwarsa atau tidak digunakan. Letakkan barang yang Anda butuhkan di bagian depan dan yang jarang Anda gunakan di belakang.

3. Gunakan area dinding

Gunakan area dinding agar rak tidak terlalu penuh. Anda dapat menggantung panci dan wajan yang sering Anda gunakan di depan sehingga mudah diakses.

4. Letakkan piring di rak 

Hindari menumpuk piring di wastafel karena membuat dapur terlihat berantakan. Bukan hanya itu, itu juga tidak higienis. Pastikan mencuci semua peralatan setelah makan. Jangan lupa meletakkannya di tempat piring.

5. Letakkan peralatan dapur di tempatnya 

Jangan letakkan peralatan dapur di meja, simpan di tempatnya begitu Anda selesai menggunakannya. Selain itu, singkirkan semua permukaan meja yang tidak perlu, dari kantong plastik hingga kertas pembungkus yang membuat dapur terlihat berantakan. Sebagai gantinya, buat ruang khusus di salah satu laci atau lemari.

6. Bersihkan dapur 

Jangan lupa membersihkan dapur agar terlihat teratur dan higienis tanpa ada kuman yang bersembunyi di sekitarnya.

PINKVILLA


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT