3 Tips dari Handry Satriago agar Karier Berkembang, Apa Aja?
TEMPO.CO | 13/07/2020 07:35
Handry Satriago, Presiden General Electric Indonesia
Handry Satriago, Presiden General Electric Indonesia

TEMPO.CO, Jakarta - Karier yang baik itu tidak datang secara instan. Perlu berbagai usaha dan proses yang harus dikerjakan untuk meraihnya. Melalui podcast Trilogi Pedoman karier di Spotify, CEO dari GE Indonesia Handry Satriago pun membagikan beberapa tips untuk mengembangkan karier.

Pertama, Handry mengatakan bahwa penting bagi setiap orang yang ingin mengembangkan karier untuk menguasai segala informasi terkait perusahaan dan produk yang ditawarkan. Cara mengetahuinya ialah lewat Anda bisa bercerita dari A sampai Z secara singkat tentang perusahaan dan produk yang dijual.

Contoh lainnya lagi, Anda bisa menjelaskan segala sesuatu seperti kepada anak kelas 5 SD. “Apa yang saya maksud disini adalah Anda harus mampu menyederhanakan hal-hal yang kompleks kepada calon pelanggan dengan bekal pengetahuan yang hebat,” kata CEO General Electric itu.

Selain itu, Handry juga mengimbau agar setiap orang memahami pasar, kompetitor, kompetisi dan industri yang ada. “Kalau Anda berada di industri pembuatan robot misalnya, Anda harus tahu siapa saja pemain di situ, industri dinamiknya seperti apa, bagaimana pengaruh makroekonomi yang ada dan sebagainya,” katanya.

Terakhir dan tak kalah penting, menjalin networking atau jejaring juga sangat diimbau Handry. Ia mengatakan bahwa setidaknya Anda wajib kenal dengan stakeholder langsung Anda. “Kalau bisa, bahkan diperluas ke berbagai tempat karena network itu kunci untuk berkembang dan mengenal orang baru yang nantinya pasti bisa membantu bisnis Anda,” katanya.

Dengan disiplin menerapkan ketiga hal tersebut, Handry pun percaya bahwa orang yang ingin mendapat perkembangan karier akan mendapatkannya. “Separuh dari pintunya untuk menuju karier yang lebih gemilang saya pastikan sudah terbuka. Sisanya tinggal bagaimana Anda mengemas mindset dan atitute untuk menyempurnakannya,” katanya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT