Pandemi Covid-19 Membuat Orang Semakin Khawatir pada Keluarga
TEMPO.CO | 11/07/2020 23:17
Ilustrasi liburan keluarga (pixabay.com)
Ilustrasi liburan keluarga (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Kondisi pandemi Covid-19 yang terus merebak menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan bagi keluarga-keluarga di Indonesia. Deputy of CSO Alvara Research Center Lilik Purwandi menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan Survei Perilaku Publik selama masa Pandemi Covid-19. Dari studi tersebut, ditemukan bahwa masyarakat memiliki kekhawatiran terhadap keselamatan anggota keluarganya saat ini.

Berdasarkan studi Alvara, sebanyak 94,9 persen responden menyatakan adanya kekhawatiran akan keselamatan dan kesehatan keluarga. Lalu, 63,3 persen merasa khawatir akan kehilangan pekerjaan dan 61,8 persen di antaranya merasakan adanya dampak ekonomi seperti kenaikan harga dari keperluan sehari-hari.

Menurut Lilik, kondisi pandemi mengembalikan kesadaran masyarakat terhadap hal paling esensial dalam hidup, yakni kebersamaan keluarga. Namun, risiko kesehatan dan ekonomi menjadi kekhawatiran tersendiri yang perlu diatasi, salah satunya melalui perlindungan finansial. "Sayangnya dalam berasuransi, keluarga muda masih kerap dihadapkan pada pilihan tentang siapa yang lebih membutuhkan perlindungan asuransi," ujar Lilik pada Webinar Senin 6 Juli 2020.

Presiden Direktur PT Sun Life Financial Indonesia Elin Waty menjelaskan bahwa kondisi pandemi ini memang mendorong peningkatan kesadaran masyarakat akan pengelolaan keuangan yang baik. Selain itu, proteksi yang baik pun menjadi faktor yang bisa memberikan ketenangan bagi masyarakat.

Hal tersebut mendasari Sun Life untuk meluncurkan produk Asuransi Salam Anugerah Keluarga, yakni asuransi syariah yang memberikan proteksi bagi seluruh anggota keluarga. Satu polis berlaku bagi empat tertanggung atau satu keluarga.

Menurutnya, produk yang ditujukan bagi seluruh anggota keluarga bisa menjadi lebih hemat karena manfaat tambahan bisa diperoleh semua tertanggung. Produk itu pun bisa menjadi jawaban dari belum terpenuhinya kebutuhan perencanaan keuangan keluarga. "Satu polis bisa dinikmati oleh satu keluarga, otomatis biaya lain akan menjadi lebih murah. Produk tambahan asuransi kesehatan atau rider bisa diambil dengan satu polis, sehingga dengan produk ini satu keluarga bisa mendapatkan rider," ujar Elin

Chief Sharia Business Sun Life Indonesia, Norman Nugraha  mengatakan sebagai orang tua, tentu memiliki keinginan untuk terus menemani dan memberikan perlindungan jangka panjang terbaik bagi keluarga. Namun tidak bisa dipungkiri, seiring dengan berbagai kesempatan yang terbuka di masa depan, berbagai risiko dalam kehidupan bisa menjadi hambatan.

"Membantu keluarga Indonesia meraih kenyamanan dan mencapai target jangka panjang mereka, Sun Life menghadirkan solusi inovatif melalui kehadiran produk Asuransi Salam Anugerah Keluarga, yang memberikan perlindungan yang lengkap untuk pasangan suami istri dan 2 orang anak sekaligus, hanya dalam satu polis," kata Norman.

.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT