Tips Mudah Memadukan Sayur - Buah untuk Smoothie Segar
TEMPO.CO | 11/07/2020 20:32
Ilustrasi smoothie mangga. Pixabay.com/fernandovillalobos
Ilustrasi smoothie mangga. Pixabay.com/fernandovillalobos

TEMPO.CO, Jakarta - Tak perlu jauh-jauh pergi ke kafe bila ingin menyesap smoothie dan mocktail yang segar untuk menemani hari Anda berdiam diri di rumah. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan rasa yang tak kalah enak dengan bantuan tips dari mixologist Kenny Soetomo, National Runner-Up pada World Class Indonesia Cocktail Competition 2016 dan pemenang Australian National Suntory Cocktail Connoisseur 2014.

Jumlah es
Tak perlu bingung menentukan berapa banyak es yang cukup untuk segelas smoothie. Pernahkah Anda melihat barista di kafe kopi menyiapkan minuman dingin dengan memasukkan es hingga penuh ke dalam gelas, lalu setelah itu dimasukkan ke dalam blender?

Rupanya, itu memang cara yang mudah dalam menentukan jumlah es batu yang dibutuhkan. "Tergantung gelas yang mau dipakai, masukin dulu es batunya semua sampai penuh, itulah takarannya," kata Kenny dalam kelas virtual, Kamis 9 Juli 2020.

Pemanis
Dalam membuat smoothie, Kenny biasanya memakai sirup Agave, dibuat dari tanaman Meksiko yang bentuknya serupa lidah buaya. Agave adalah pemanis dengan indeks glikemik rendah, kata dia. Bentuknya kental seperti madu. Dalam minuman dingin, pemanis itu penting untuk menonjolkan rasa buah yang agak tersamar akibat dinginnya es.

"Pemanis membantu agar rasa buahnya terasa, gula itu carrier, seperti garam dan merica dalam makanan, sangat penting." Anda bisa mengganti sirup Agave dengan madu atau bahkan sirup kurma yang dibuat dari buah kurma diblender, lalu dimasak dengan air panas dan gula hingga kental, lalu disaring.

Cara termudah adalah memadukan buah dan sayur dengan warna yang sama. Padukan buah merah dengan sayuran merah atau buah hijau dengan sayuran hijau. "Ikuti warna yang sama, biasanya rasanya cocok."

Misalnya, stroberi dengan bit, melon dengan bayam, kiwi dan alpukat. Buah dan sayur dengan warna berbeda tak berarti akan menghasilkan rasa yang aneh, namun dari segi estetika hasilnya takkan secantik padu padan dengan warna yang sama.

Pasangan buah paling serasi
Bukan hal besar bila Anda ogah bereksperimen mencoba kombinasi buah yang tak biasa. Ada satu pasangan buah yang sudah pasti serasi dan lezat saat dinikmati bersama: pisang dan stroberi. Pisang yang manis adalah pasangan tepat untuk stroberi yang punya cita rasa asam. Padukan dua buah ini dalam smoothie atau jus, sesuai selera Anda.

Daun mint
Mint bisa menambah kesegaran mocktail atau mojito Anda, tapi ada cara yang tepat dalam memanfaatkannya. Kenny menyarankan untuk menggunakan batang daun mint ke dalam rebusan air gula yang masih panas selama setengah jam yang akan menghasilkan sirup mint. Hasilnya, aroma mint yang menambah kesegaran minuman. "Kalau daunnya dimakan hanya akan terasa pahit."

Jangan buang sisa smoothie Anda yang tidak habis. Masukkan ke dalam wadah kecil, bekukan ke dalam freezer dan tunggu selama beberapa jam untuk mendapatkan es buah segar.

Smoothie buah juga bisa disulap menjadi sorbet. Masukkan ke dalam wadah besar dan bekukan, lalu keruklah lapisannya dengan sendok khusus es krim.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT