Disney Florida Kukuh Buka Lagi, Meskipun Kasus Covid-19 Melonjak
TEMPO.CO | 08/07/2020 20:09
Kastil Cinderella terlihat di ujung Main Street yang terlihat sepi pengunjung di taman hiburan Disney's Magic Kingdom setelah ditutup dalam upaya memerangi penyebaran Virus Corona di Orlando, Florida, AS, 16 Maret, 2020. REUTERS/Gregg Newton
Kastil Cinderella terlihat di ujung Main Street yang terlihat sepi pengunjung di taman hiburan Disney's Magic Kingdom setelah ditutup dalam upaya memerangi penyebaran Virus Corona di Orlando, Florida, AS, 16 Maret, 2020. REUTERS/Gregg Newton

TEMPO.CO, Jakarta - Ketika Disney mengumumkan membuka akan kembali secara bertahap pada akhir Mei, Florida belum melaporkan lonjakan Covid-19 seperti saat ini. Namun dalam 14 hari terakhir, sejak akhir Juni, kasus infeksi virus corona meningkat tajam.

Mulai jam 4 malam pada Selasa, 7 Juli 2020, Departemen Kesehatan Florida melaporkan total 213.794 kasus sejak Januari. Dan 7.361 dari kasus-kasus tersebut telah dikonfirmasi sejak 5 Juli. Florida berada di urutan ketiga setelah New York dan California, dalam jumlah kasus infeksi wabah virus corona.

Namun, ketika diukur dengan jumlah kasus per 100.000 orang, Florida berada di peringkat no. 15 di Amerika Serikat pada hari Selasa. Di Orange County, lokasi Disney berada, terdapat 14.768 kasus Covid-19 yang telah dilaporkan. 

Dinukil dari Orlando Sentinel, Gubernur Ron DeSantis, menyetujui pembukaan kembali Disney pada akhir Mei. Hingga Senin, 6 Juli 2020, ia memuji rencana keselamatan yang telah disiapkan Disney.

Dia mengatakan bahwa Universal Orlando, yang dibuka kembali pada 5 Juni, "melakukan pekerjaan dengan baik". Bahkan ia mengatakan, percaya menghadiri taman hiburan Florida akan lebih aman daripada pergi ke pertemuan pribadi yang besar.

Lalu bagaimana tanggapan mengenai rencana dibukanya taman hiburan di Florida? CNN Travel mewawancarai Dr. William Schaffner, seorang spesialis penyakit menular di Vanderbilt Medical Center di Nashville, Tennessee, pada akhir Mei sebelum munculnya kasus baru-baru ini di Florida.

Dia memperingatkan bahwa orang-orang dalam kelompok berisiko tinggi - orang tua dan orang-orang dengan kondisi kesehatan dasar - harus dipertimbangkan untuk tak memasuki taman hiburan. Masyarakat yang ingin berlibur ke taman hiburan harus bertanya kepada diri sendiri, "Apakah manfaatnya sepadan dengan risikonya?,” ujar Schaffner.

Menanggapi keraguan masyarakat, Disney mengunggah pembaruan informasi dari kepala medisnya, Dr. Pamela Hymel, mengenai upaya menjaga pengunjung dari wabah virus corona.

"Kami menerapkan langkah-langkah kesehatan dan keselamatan setelah mempertimbangkan pedoman pemerintah dan otoritas kesehatan setempat, termasuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), di samping Asosiasi Perjalanan A.S. dan tim ahli kesehatan Disney," ujarnya.

Langkah-langkah termasuk batas pada jumlah orang yang bisa masuk, pemeriksaan suhu pengunjung di gerbang masuk, dan pemakaian masker.

Jadwal Pembukaan

Disney berencana membuka Magic Kingdom dan Animal Kingdom Park pada hari Sabtu, 11 Juli. EPCOT dan Hollywood Studios akan dibuka pada hari Rabu, 15 Juli.

Disney World dibuka kembali dengan hanya reservasi terbatas, dan melayani pengunjung yang memiliki tiket atau tiket tahunan yang dibeli sebelum pandemi. Tidak ada tiket baru yang dijual untuk tahun 2020 saat ini.

Bagi mereka yang menginginkan tiket lebih jauh, situs resmi Disney mengatakan para tamu harus mengikuti empat langkah menggunakan Sistem Pass Taman Disney yang baru:

  1. Tiket masuk yang valid adalah yang sesuai dengan akun pemilik tiket yang sudah terdaftar dalam website Disney.
  2. Anggota kelompok didaftarkan oleh pemilik akun.
  3. Pilih tanggal dan taman hiburan yang ingin dikunjungi.
  4. Terakhir, tinjau dan konfirmasi pemesanan Anda.

Taman air Disney's Blizzard Beach kosong dari pengunjung setelah ditutup dalam upaya untuk memerangi penyebaran Virus Corona di Orlando, Florida, AS, 16 Maret 2020. REUTERS/Gregg Newton

Di California, Disneyland berencana akan dibuka bertahap mulai 17 Juli, satu minggu setelah Disney World di Florida. Tetapi pada 24 Juni, Disneyland mengumumkan akan menunda pembukaan kembali, di tengah peningkatan infeksi virus corona.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT