Trik Makeup Natural New Normal, Eksplorasi di Area Mata
TEMPO.CO | 01/07/2020 17:30
Ilustrasi mengguakan eyeliner. Unsplash/Matt Seymour
Ilustrasi mengguakan eyeliner. Unsplash/Matt Seymour

TEMPO.CO, Jakarta - Makeup bagi sebagian perempuan jadi hal penting yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Terlebih di masa normal baru saat ini pergeseran tren juga memengaruhi gaya makeup.

Makeup artist Lubna Amar mengatakan konsep makeup yang cocok dalam era new normal, di mana orang banyak yang mulai bekerja dan sebagian masih bekerja di rumah, adalah makeup yang sederhana namun tetap menonjolkan bagian mata. 

"Sebab dengan wajibnya penggunaan masker saat ini lebih fokus di area mata, namun tetap tidak perlu berlebihan dengan warna yang terlalu gelap ataupun yang terlalu berwarna," ucap Lubna saat dihubungi Tempo, Selasa 30 Juni 2020.

Menurut Lubna, agar kulit tetap sehat yang paling utama adalah dengan tetap menggunakan sunblock walaupun kita di dalam rumah kemudian dilanjutkan dengan rangkaian skincare yang memang sudah biasa dipakai.

"Kalau untuk intensitas makeup yang mungkin bisa kita kurangi hanya penggunaan lipstik karena memang dengan kewajiban memakai masker lipstik jadi tidak terlihat. Meski demikian rangkaian perawatan bibir tetap harus digunakan, misalkan dengan selalu memakai lipbalm agar bibir tetap lembut," saran Lubna.

Saat Makeup Class bersama Shu uemura, Selasa 30 Juni 2020, Lubna menjelaskan eksplorasi untuk riasan mata. Pertama pastikan kulit wajah dicuci dengan bersih lalu lanjutkan dengan rangkaian skincare yang biasa kita pakai.

Kedua, setelah skincare menyerap lanjutkan dengan penggunaan eye makeup base atau bisa juga diganti dengan penggunaan concealer bertekstur ringan di seluruh kelopak mata. Kemudian Anda bisa pulaskan eye shadow dengan warna netral di seluruh kelopak mata.

"Ketiga, Anda bisa memilih eye shadow dengan shade lebih gelap untuk memberi efek gradasi. Untuk saat ini produk yang saya sering gunakan adalah eye shadow palette keluaran brand Shu uemura yang berkolaborasi dengan brand Onitsuka Tiger. Jangan lupa selalu jaga kebersihan alat-alat makeup kalian sesering mungkin," ucapnya. "Untuk mengunci makeup, di tahap akhir boleh semprotkan lagi skin perfector mist."

Berikut Lubna membagikan tahapan makeup natural yang bisa disontek untuk penampilan Anda.

Tahap 1: Cleansing oil atau pembersih wajah
Tahap 2 : Skin perfector mist
Tahap 3 : Skin perfector oil + block booster primer
Tahap 4 : Lip & eye cream
Tahap 5 : Concealer Sebagai base eyeshadow
Tahap 6 : Eyeshadow onitsuka + chromatic
Tahap 7 : Eyelash curler
Tahap 8 : Mascara + Eyeliner
Tahap 9 : Foundation
Tahap 10 : Loose powder
Tahap 11 : Compact powder
Tahap 12 : eyebrow
Tahap 13 : Blush on (gunakan lipstik)
Tahap 14 : Lipstik

 


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT