Cegah Kegemukan, 5 Hal Ini Sebaiknya Dihindari ketika Makan
TEMPO.CO | 01/07/2020 08:40
ilustrasi makan bersama (pixabay.com)
ilustrasi makan bersama (pixabay.com)

TEMPO.CO, Jakarta - Kelebihan berat badan tentu saja bukanlah hal yang baik. Selain membuat bentuk tubuh tidak proposional, berat badan berlebih juga mengundang datangnya berbagai macam penyakit.

Di samping itu, mengonsumsi makanan merupakan agenda wajib yang tidak bisa dilewatkan. Namun demikian, memperhatikan pola makan perlu dilakukan untuk mencegah kegemukan. Berikut lima hal yang sebaiknya dihindari ketika makan.

Melewatkan lemak sehat
Tidak semua lemak membuat tubuh menjadi gemuk. Salah satunya lemak sehat yang terdapat di alpukat. Lemak sehat seperti itu sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk mengendalikan kadar kolesterol dan menjaga tubuh tetap kenyang.

Menggunakan tempat makan berukuran besar
Penggunaan tempat makan besar dapat mempersulit menakar makanan. Hal tersebut berpotensi membuat seseorang makan lebih banyak dar porsi yang seharusnya. Piilhlah tempat makan yang sesuai dengan kebutuhan.

Makan sebelum minum
Rasa lemas yang muncul dari tubuh yang kekurangan cairan biasanya ditafsirkan sebagai indikasi seseorang sudah lapar. Padahal belum tentu, bisa jadi orang tersebut hanya haus. Untuk menyiasatinya, minumlah segelas air 15-20 menit sebelum makan untuk memastikan tubuh terhidrasi dan menghindari makan berlebihan.

Mengonsumsi alkohol
Mengonsumsi alkohol ketika makan jelas sebuah kesalahan. Dalam minuman alkohol seperti bir ataupun minuman campuran lain mangandung hingga 300 kalori.

Menggunakan gawai ketika makan
Penggunaan gawai seperti ponsel atau laptop ketika makan dapat memecah fokus. Hal tersebut bisa mengakibatkan seseorang tidak menyadari sebenarnya sudah cukup makan.

MUHAMMAD AMINULLAH


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT