6 Solusi Perawatan Kulit Iritasi setelah Pakai Produk Pemutih
TEMPO.CO | 26/06/2020 22:10
Ilustrasi perawatan kulit. Unsplash.com/Pressfoto
Ilustrasi perawatan kulit. Unsplash.com/Pressfoto

TEMPO.CO, Jakarta - Perawatan kulit dengan pencerah wajah jadi tren di kalangan perempuan. Hasilnya terlihat luar biasa, tapi solusi instan ini memang bisa menimbulkan efek samping tertentu.

Bahan kimia yang berfungsi memutihkan wajah dan memberi efek mengkilap bisa berefek keras pada kulit. Itulah alasan yang membuat Anda mengalami gatal-gatal dan sensasi kesemutan saat Anda menggunakan pemutih. Akibatnya kulit jadi merah, muncul iritasi seperti efek luka bakar. 

Jika Anda juga mengalami hal yang sama, berikut cara mengatasinya seperti dikutip laman Boldsky, Jumat, 26 Juni 2020.

1. Susu

Susu adalah zat pendingin yang bagus untuk kulit. Protein dan vitamin yang terkandung dalam susu sangat bagus untuk menenangkan kulit yang teriritasi.

Siapkan semangkuk susu dan kapas sesuai kebutuhan. Simpan mangkuk susu di lemari es selama beberapa jam. Keluarkan dan celupkan kapas ke dalam mangkuk susu lalu tempelkan kapas yang basah di wajah Anda. Biarkan di kulit Anda sampai menjadi hangat. Celupkan kapas ke dalam susu lagi dan ulangi prosesnya. Bilas wajah Anda dengan air dingin dan keringkan dengan lembut.

2. Kompres Dingin

Kompres dingin yang dilakukan dengan hati-hati dapat menyerap panas dari kulit dan membantu mengatasi sensasi terbakar setelah pemutihan.

Siapkan 4-5 es batu dan handuk lembut. Gunakan bungkus es batu dengan handuk lembut. Letakkan handuk bungkus es di wajah Anda. Tahan di satu tempat selama beberapa detik sebelum pindah ke tempat itu. Ulangi proses ini sampai seluruh wajah Anda tertutup dan Anda merasa lega.

3. Aloe Vera

Masalah kulit apa yang tidak bisa diselesaikan oleh lidah buaya? Lidah buaya adalah salah satu agen pelembap alami yang paling kuat dan memiliki efek pendinginan kulit. Lidah buaya juga memiliki sifat antiseptik yang membantu menyembuhkan kulit dengan cara yang lembut.

Caranya, ambil gel lidah buaya dalam mangkuk. Simpan mangkuk di lemari es selama beberapa jam. Oleskan gel lidah buaya dingin di wajah Anda. Biarkan selama 5-10 menit. Bilas dengan lembut.

4. Yogurt dan kunyit

Sebagai eksfoliator yang lembut, yogurt memiliki efek menenangkan dan melembapkan kulit, sementara kunyit memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik yang bagus yang menenangkan peradangan dan menyembuhkan kulit Anda.

Anda membutuhkan 1 sdm yogurt dan sejumput kunyit. Siapkan mangkuk, ambil yogurt lalu tambahkan kunyit ke dalamnya lalu aduk hingga tercampur rata. Oleskan ke wajah Anda. Biarkan selama 10-15 menit lalu bilas sampai bersih.

Baca: Timun dan Bahan Alami untuk Masker Wajah Mencerahkan Kulit

5. Cendana dan susu

Cendana memiliki khasiat antiseptik, antiinflamasi, dan penyembuhan dari efek pemutihan. Anda membutuhkan 1 sdm bubuk cendana 1 sdt susu. Caranya, siapkan mangkuk lalu ambil bubuk cendana. Tambahkan susu ke dalamnya dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan larutan ini ke wajah Anda. Biarkan selama 10-15 menit lalu bilas bersih menggunakan air dingin.

6. Mentimun

Tidak ada bahan yang lebih baik dari mentimun untuk melawan iritasi kulit. Dengan kandungan air yang sangat besar, mentimun terbukti sangat menenangkan dan melembapkan. Anda membutuhkan 1 mentimun kemudian kupas dan tumbuk mentimun dalam mangkuk. Dinginkan mentimun halus selama 1-2 jam lalu oleskan di kulit Anda. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.



REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT