Halle Berry Rutin Meditasi agar Tetap Tenang di Masa Krisis
TEMPO.CO | 07/06/2020 07:32
Halle Berry sedang bermeditasi (Instagram/@@halleberry)
Halle Berry sedang bermeditasi (Instagram/@@halleberry)

TEMPO.CO, JakartaHalle Berry rutin menjalani meditasi sejak 20 tahun lalu. Latihan ini diakui membuat dia menemukan kedamaian, penyembuhan, dan pelipur lara atas segala hal yang terjadi dalam hidupnya. Menurut dia, meditasi sangat penting, terutama saat terjadi krisis seperti kerusuhan karena isu ras yang terjadi di Amerika Serikat saat ini.

Aktris Terbaik di ajang Oscar 2002 lewat perannya di film Monster's Ball itu biasanya melakukan meditasi di pagi hari.

“Kadang-kadang selama 10 menit, kadang-kadang selama satu jam, sehingga saya dapat memulai hari dari tempat yang benar-benar membumi (dan karena itu adalah waktu saya sendiri sekarang karena saya mempunyai anak),” kata dia dalam tulisannya di Women’s Health, Jumat, 5 Juni 2020.

Perempuan 53 tahun ini mengatakan, di masa-masa krisis, meditasi membantunya berpikir dan bertindak jernih. Meditasi membuatnya tetap seimbang sehingga bisa membantu anak-anaknya tetap tenang dan tidak takut menghadapi situasi.  

“Saya percaya meditasi dapat memiliki dampak mendalam pada skala yang jauh lebih besar juga. Pikiran kita sangat kuat; mereka benar-benar menciptakan realitas kita,” kata dia.

Dia yakin siapa pun dapat melakukan hal yang sama karena ini sangat mudah. Dia membagikan tips-tips sederhana dari rutinitas meditasinya.

1. Cari tempat tenang
Temukan tempat yang tenang dan duduklah dengan nyaman. Mungkin dengan kaki menyilang. Duduk tegak, jaga punggung tetap tinggi, dan sandarkan tangan di tempat yang terasa nyaman.

2. Fokus pada pernapasan
Tutup mata dan fokuslah pada pernapasan. Jangan mencoba mengubah apa pun tentang hal itu. Jika sedang banyak pikiran, lupakan sejenak. Kembali fokus ke napas.

3. Pikirkan tujuan meditasi
Setelah sekitar lima menit, atau betapapun lama waktu yang tersedia bagi Anda, untuk fokus pada napas, mulailah berpikir tentang maksud meditasi. Apa pertanyaan atau kekhawatiran yang Anda miliki? Perubahan apa yang ingin Anda lihat? Apa yang dapat Anda lakukan untuk melakukan perubahan itu?

4. Temukan jawaban
Selama beberapa menit berikutnya, lihat jawaban apa yang mengalir masuk dan keluar secara alami. Habiskan sebanyak mungkin waktu sesuai kebutuhan Anda.

5. Tuliskan hasilnya
Akhirnya, buka mata. Halle Berry suka menuliskan pemikiran dan jawaban yang muncul agar dia benar-benar bisa menyerapnya.

“Ke mana pun meditasi Anda membawa Anda, saya percaya itu memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan diri sejati Anda, dan itu adalah hal yang sangat kuat — terutama saat ini,” kata dia di akhir tulisannya.


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT