Dwi Sasono Pakai Ganja Karena Susah Tidur, 6 Tips Atasi Insomnia
TEMPO.CO | 01/06/2020 15:50
Aktor Dwi Sasono ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Selatan di kediamannya pada 26 Mei 2020 dengan barang bukti ganja 16 gram. Kasus ini baru dirilis pada Senin pagi 1 Juni 2020. Instagram
Aktor Dwi Sasono ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Jakarta Selatan di kediamannya pada 26 Mei 2020 dengan barang bukti ganja 16 gram. Kasus ini baru dirilis pada Senin pagi 1 Juni 2020. Instagram

TEMPO.CO, Jakarta - Aktor Dwi Sasono ditangkap polisi di kediamannya di Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan pada 26 Mei 2020 sekitar pukul 20.00. Dari rumahnya, polisi menemukan narkotika jenis ganja seberat 16 gram. Barang bukti tersebut disimpan oleh Dwi Sasono di atas lemari. Polisi mengatakan alasan Dwi Sasono mengonsumsi ganja adalah karena susah tidur selama pandemi virus corona.

Sebenarnya ada banyak cara mengatasi orang yang susah tidur. Beberapa mungkin menggunakan obat, namun sebaiknya hal itu dilakukan atas rekomendasi dokter karena berisiko menimbulkan ketergantungan obat tidur.

Selain obat, ada beberapa cara lain untuk mengatasi insomnia.

  1. Latihan pernapasan dengan teknik 4-7-8
    Cara mengatasi susah tidur selanjutnya adalah dengan relaksasi, agar tubuh dan pikiran lebih santai. Coba latihan pernapasan di bawah ini sebagai langkah agar Anda tidak lagi kesulitan untuk tidur:

    -Tarik napas melalui hidung dalam hitungan 1-4
    -Tahan napas Anda selama tujuh hitungan
    -Lalu embuskan melalui mulut pada hitungan kedelapan
    -Ulangi sebanyak tiga kali

    Selain itu, catat di kertas tentang hal-hal yang Anda pikirkan. Misalnya, agenda kegiatan yang harus dilakukan besok atau tugas-tugas yang belum terselesaikan.

    Ilustrasi tidur (pixabay.com)

  2. Buat suasana kamar menjadi nyaman
    Kamar yang terlalu terang, bising, dan terlalu panas atau dingin bisa membuat Anda jadi susah tidur. Sehingga cara mengatasi susah tidur yang efeketif adalah dengan mengubah suasana kamar tidur.

    Saat sudah memasuki jam tidur, jangan nyalakan penerangan berlebihan di kamar. Buat suasana menjadi lebih gelap, tenang, dan sejuk. Selain itu, pilih bantal kasur yang nyaman untuk mendukung Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

  3. Batasi penggunaan gadget di malam hari
    Cara mengatasi susah tidur lainnya adalah jangan melakukan aktivitas yang akan membuat Anda semakin terjaga. Seperti membuka layar handphone, menonton TV, atau bermain game di tablet. Ingat, blue light yang dipancarkan oleh layar gadget akan semakin membuat Anda terjaga dan sulit tidur.

  4. Batasi waktu tidur siang
    Tidur siang memang tidak dilarang. Namun, Anda perlu memerhatikan durasi serta waktunya. Tidur siang yang terlalu lama dan terlalu mepet ke jam tidur malam bisa membuat Anda susah tidur. Sebaiknya, batasi waktu tidur siang selama 30 menit saja dan lakukan itu sebelum pukul 3 sore.

  5. Batasi konsumsi kafein
    Kafein bisa membuat Anda terjaga sepanjang malam. Jadi, Anda perlu mengurangi konsumsinya. Kafein tidak hanya terdapat pada kopi, tapi juga teh, minuman bersoda dan minuman penambah energi. Sebagai pengganti, Anda bisa minum susu hangat sebagai salah satu cara mengatasi susah tidur yang efektif. Anda juga tidak disarankan mengonsumsi kafein setelah pukul 2 siang.

  6. Berolahraga secara teratur
    Olahraga ringan yang dilakukan secara teratur seperti berenang dan jalan kaki bisa mengurangi tekanan yang menumpuk akibat pekerjaan maupun masalah lain yang sedang dialami. Hal ini akan membuat Anda menjadi lebih cepat tertidur. Namun, jangan lakukan olahraga yang terlalu berat. Sebab, latihan kelewat berat justru akan membuat Anda terjaga sepanjang malam.

    SEHATQ

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT