Selain Obesitas, Ini Risiko Terlalu Sering Minum Es Teh Manis
TEMPO.CO | 01/06/2020 13:28
Ilustrasi Es Teh Manis. livestrong.com
Ilustrasi Es Teh Manis. livestrong.com

TEMPO.CO, Jakarta - Siapa yang bisa menolak kesegaran es teh manis? Minuman ini memang selalu bisa menggoda, terlebih lagi saat cuaca sedang panas terik. Namun, di balik kenikmatannya, es teh manis ternyata dapat berbahaya bagi tubuh.

Pada dasarnya, mengonsumsi apa pun secara berlebihan itu tidak baik bagi kesehatan, termasuk es teh manis. Apalagi jika dibarengi dengan pola hidup tidak sehat, seperti merokok atau jarang berolahraga, bisa memicu penyakit yang membahayakan tubuh.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa es teh manis berpotensi menyebabkan kerusakan pada tubuh Anda karena gula yang dikandungnya. Jika dikonsumsi secara berlebihan, minuman ini bahkan dapat menyebabkan banyak penyakit.

Berikut ada beberapa bahaya terlalu banyak mengonsumsi es teh manis yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan.

1. Memicu gagal ginjal

Seorang dokter di University of Utah Health Care mengungkapkan bahwa es teh manis penuh dengan asam oksalat, yang apabila diminum secara berlebihan, dapat menumpuk di ginjal Anda dan mengganggu fungsinya untuk mengeluarkan kotoran dari darah.

2. Meningkatkan risiko diabetes

Sebagian orang sering kali menambahkan begitu banyak gula ke dalam es teh mereka. Padahal, satu gelas es teh manis dapat mengandung sekitar 33 gram gula.

Konsumsi gula secara berlebihan dapat memicu risiko diabetes. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena gula bisa diganti dengan pemanis alami, seperti stevia, erythritol, serta xylitol, yang lebih aman dikonsumsi.

3. Obesitas

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, lebih baik hindari konsumsi es teh manis terlalu sering karena segelas es teh manis mengandung sekitar 250 kalori. Jika Anda terlalu sering meminumnya, obesitas mungkin saja bisa terjadi dan usaha menurunkan berat badan yang Anda lakukan tentunya akan terganggu.

4. Memicu risiko terkena stroke

Risiko terkena stroke juga meningkat ketika Anda mengonsumsi es teh manis secara berlebih. Kandungan gula dapat menyebabkan kadar trigliserida menjadi lebih tinggi sehingga berpotensi menyebabkan stroke.

5. Memperburuk sistem kardiovaskular

Segelas es teh manis juga mengandung sekitar 47 mg kafein. Ketika dikonsumsi berlebihan, kafein dapat memiliki efek negatif pada sistem kardiovaskular, bahkan bisa membuat Anda merasa gemetar dan gelisah.

SEHATQ


REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT