WFH Buat Jam Tidur Berantakan? Atasi dengan 5 Cara Mudah Ini
TEMPO.CO | 28/05/2020 09:45
Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz
Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

TEMPO.CO, Jakarta - WFH atau kerja dari rumah yang disertai dengan puasa beberapa hari belakangan telah membuat banyak orang mengalami waktu tidur yang tak teratur. Tentunya, jam tidur yang berantakan ini membuat tubuh kita uring-uringan dan lemas keesokan harinya. Akibatnya pekerjaan bisa menjadi korban. Anda ingin mengubah kebiasaan itu?

Untuk mengatasi masalah ini, situs Health Line dan Everyday Health lantas membagikan tipsnya. Berikut adalah lima hal yang dapat dilakukan untuk mengembalikan pola tidur seperti waktu normal.

  1. Terpapar matahari saat siang, dan kegelapan waktu malam
    Tahukah Anda bahwa ritme sirkadian yang berhubungan erat dengan waktu istirahat akan dipengaruhi oleh cahaya dan kegelapan? Menurut berbagai penelitian, cahaya dapat mempengaruhi jam internal tubuh karena membuat otak agar tetap terjaga. Untuk itu saat siang hari, biarkan tubuh Anda terpapar sinar matahari supaya selalu dalam kondisi sadar.

    Sebaliknya, ruang yang redup membuat seseorang mudah mengantuk. Para ahli bahkan berpendapat bahwa kegelapan meningkatkan produksi melatonin, hormon yang penting untuk mempercepat waktu tidur. Jadi di malam hari, usahakan untuk berada di kegelapan agar istirahat malam tak terganggu.

  2. Perhatikan asupan gizi Anda
    Makanan yang dikonsumsi juga berhubungan erat untuk mengembalikan pola tidur Anda seperti sedia kala. Berbagai studi menunjukkan bahwa konsumsi makanan tinggi karbohidrat dapat membuat Anda terus terjaga. Sebaliknya, makanan berlemak tinggi dapat meningkatkan kualitas tidur yang lebih nyenyak.

  3. Jangan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari
    Untuk mengembalikan waktu tidur normal, Anda harus menghindari semua kebiasaan tidur yang sudah dilakukan. Misalnya tidur siang jam empat sore dan tidur malam jam 2 subuh. Ini harus hindari dan mulai ke jadwal rutin seperti tidur malam maksimal jam sepuluh. Dijamin kegiatan tersebut akan memaksa pola tidur untuk berubah ke arah yang lebih baik.

  4. Coba menulis jurnal
    Banyak orang mengalami waktu tidur yang berantakan lantaran terlalu stres dan banyak pikiran. Sebagai alternatif, mulailah menulis jurnal. Berbagai penelitian membuktikan bahwa menulis jurnal dapat melepaskan emosi negatif dalam diri sehingga secara tidak langsung bisa menenangkan pikiran Anda. Alhasil, ini pun membantu tidur dengan lebih baik.

  5. Melakukan yoga atau meditasi
    Yoga atau meditasi juga baik untuk mengembalikan waktu tidur yang berantakan. Ini membantu Anda dengan cara melepas kadar melatonin pada tubuh sehingga ampuh memperbaiki ritme sirkadian. Lakukanlah setidaknya 30 menit sehari untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

    SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | HEALTHLINE | EVERYDAYHEALTH

REKOMENDASI BERITA

BERITA TERKAIT